• Ambisi Dua Algojo

    Keith Kayamba Gumbs memiliki fisik dan stamina tangguh. Hal itu dibuktikannya ketika baru saja pulang dari membela timnas negara ST Kitts-Nevis, Minggu (17/10) pukul 08.00, sore harinya, Gumbs sudah diturunkan sebagai pemain pengganti saat Sriwijaya FC menghadapi PSM Makasar lanjutan Liga Super Indonesia (ISL).

    Hanya istirahat tujuh jam, Kayamba tetap tampil fit, naik turun membantu pertahanan seperti kebiasaannya ketika memperkuat Laskar Wong Kito. Meski terlihat lelah, namun kecepatan dan ketahanannya fisik tidak berkurang. Power itu dibutuhkan pelatih Ivan Kolev saat menghadapi Persiba Balikpapan, Kamis (21/10).

    Suami Laurencia ini, menjadi pilihan utama mengingat SFC masih mengalami krisis penyerang. Sejauh ini, kondisi Arif Suyono dan Budi Sudarsono masih dalam penyembuhan, sedangkan Oktovianus Maniani memilih izin 10 hari untuk menjalani pengobatan sekaligus istirahat di kampung halamannya Papua.

    Gumbs akan berjibaku untuk memenangkan tim sekaligus beradu tajam lawan striker haus gol Aldo Baretto, top skorer ISL musim 2009/2010 lalu. Meski berbeda karakter, namun keduanya sama-sama berstatus sebagai algojo tendangan bebas ataupun penalti. Keduanya pun dikenal sebagai predator haus gol. Penampilan keduanya sangat dinantikan publik sepakbola Sumsel.

    Khususnya Gumbs sangat diandalkan, karena dia memiliki hoki saat berhadapan dengan Persiba. Pria usia 38 tahun ini mencetak gol ke gawang Persiba dalam pertemuan terakhir ISL musim 2009/2010 pada 30 Mei 2010 lalu. Sayang rekannya Arif Suyono masih diragukan tampil dalam laga nanti.

    Kayamba mengatakan, siap diturunkan dalam keadaan apapun dan siap memberikan yang terbaik bagi tim.”Kami dan teman-teman siap memberikan yang terbaik bagi tim,” jelas Gumbs, Selasa (19/11).

    Kayamba akan dipasang sebagai penyerang bersama Park Jung Hwan yang juga mencetak sebiji gol saat mengalahkan PSM Makassar. Kedua pemain asing ini, akan bahu membahu untuk memenangkan Laskar Wong Kito.

    Pelatih Ivan Kolev mengatakan, sejauh ini beberapa pemain menunjukkan perkembangan cukup baik termasuk kondisi Arif Suyono dan Budi Sudarsono serta Ferry Rotinsulu yang sedang menjalani pemulihan, sayang ketiganya belum bisa diturunkan saat melawan Persiba.

    Kolev bisa bernafas lega, mengingat lini depan sudah cukup baik dengan kedatangan Kayamba. Sementara kondisi lini tengah juga tidak ada masalah, karena Ponaryo Astaman dipastikan sudah fit dan bisa diturunkan.”Memang tanpa Ponaryo saya akan sedikit pusing,” jelasnya.

    Persiba All Out Sementara kubu Persiba, pelatih Junaidi mengatakan, tanpa pemain utamanya yang cedera, SFC tetaplah tim berkualitas dan sangat berbahaya ketika bermain di kandang. Mereka akan bermain all out dan tidak akan menyerah hingga menit penghabisan.

    Menurut dia, dukungan penonton dan motivasi pemain SFC sangat berlipat ganda, apalagi sehabis meraih kemenangan lawan PSM Makasar, Minggu (17/10). “Kami akan berusaha keras mendapatkan poin di laga tandang lawan SFC,” urainya.

    Junaidi pun mengakui kondisi Persiba juga tidak begitu baik, sebab dia kehilangan beberapa pemain utama terutama dua pemain penting seperti Mijo Dadic yang menjadi sentral pertahanan, dan Sultan Samma yang selalu menjadi andalan amunisi lini depan. Beruntung gelandang elegan Jim Yong Hee sudah fit dan kemungkinan bisa diturunkan.”Sejauh ini terus memantau kondisi kedua (Dadic dan Samma), sementara kondisi Jim terus membaik,” urainya.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com