• Buru Poin Kandang

    Sriwijaya FC akan mengawali laga home perdana di Indonesia Super League (ISL) musim ini. Yakni, menghadapi tim papan atas PSM Makassar, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok sore (17/10).Pada laga bigmatch ini, Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) berambisi memetik poin penuh. Hal ini dipatok untuk mengentaskan Laskar Sriwijaya dari zona tegradasi. Ya, setelah gagal memetik angka di dua laga awal, setelah dibantai 1-3 dari Deltras Sidoarjo, (29/9) dan tumbang 0-1 dari Persela Lamongan, (2/10) lalu, tim juara double winner 2007 ini masih bercokol di peringkat 17 di atas Persiwa Wamena.

    “Kami harus menang pada laga home perdana ini. Kami harus bisa memanfaatkan laga kandang ini dengan baik. Sehingga, kami bisa memetik poin penuh,” kata Direktur Teknik dan SDM, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM), Hendri Zainuddin, kemarin (15/10).

    Tapi, meski mengusung tekad besar, misi tetap saja sulit dilakoni skuadra Ivan Venkov Kolev. Pasalnya, tim juara double winner pra-musim ini, sedang tidak dalam kondisi prima. Menghadapi Juku Eja (julukan PSM), Laskar Wong Kito terancam tak bisa memainkan tujuh pemain terbaiknya. Yakni, Keith Kayamba Gumbs, Arif Suyono, Budi Sudarsono, M Alfan, Ferry Rotinsullu.

    Begitu juga dua pemain asing yang baru di rekrut, yakni Yong Jie Mou dan Thierry Gauetessi juga terancam tak bisa turun. Pasalnya, duo pemain asing anyar ini baru didaftarkan ke PSSI. Sedangkan dua striker yang bakal menjadi tumpuan Sriwijaya, yakni Park Jung-Hwan dan Oktavianus Maniani juga masih belum seratus persen dalam kondisi terbaik. Ini setelah kedua pemain ini baru saja sembuh dari cedera.

    Hal ini berbanding terbalik dengan skuad Robert Rene Alberts yang bakal tampil full team. Tanpa Djayusman Triyadi tidak menjadi masalah bagi tim Pasukan Ramang (julukan lain PSM). Toh, PSM masih mempunyai banyak pengganti Djayusman.

    Bukan hanya itu, sampai saat ini Sriwijaya juga kalah peringkat dari PSM. Dua kali laga, Sriwijaya belum mendapatkan poin dan masih bercokol di peringkat ke 17. Sedangkan Obiora Richard dkk yang saat ini menduduki peringkat ketiga. Dengan memperoleh enam poin dari dua laga. Yakni menang 0-1 di kandang Persijap Jepara (26/9), dan menang 0-1 saat bertamu ke Persibo Bojonegoro, (29/9) lalu.

    Tapi, Sriwijaya masih mempunyai peluang meski sangat-sangat kecil sekali. Ya, dua kekalahan di laga awal menjadi cambuk tersendiri bagi Firman Utina dkk untuk tampil ngotot. Apalagi, Sriwijaya bakal tampil di hadapan suporternya sendiri. Praktis, kondisi ini menjadi motivasi tersendiri bagi skuadra Ivan Venkov Kolev untuk bisa memetik poin penuh di laga bigmatch ini.

    Bukan hanya itu, soal head to head Sriwijaya juga lebih unggul di atas PSM. Dari empat pertemuan, Sriwijaya mampu menang dua kali. Yakni saat mampu menang 2-1 pada ISL (26/9/08) dan menang 2-0 pada laga ISL (26/5) lalu.

    Sedangkan dua laga lainya, Sriwijaya bermain imbang. Yakni, mampu menahan 0-0 pada laga, (29/3/09) lalu, dan mampu menahan imbang 1-1 pada laga perdana ISL, (11/10/09) lalu. “Saya belum bisa berbicara banyak soal persiapan tim menghadapi PSM. Besok (hari ini, red) saya baru bisa mengatakan persiapan kami. Sebab, saya masih akan melihat kondisi pemain kami,” ujar pelatih Sriwijaya FC, Ivan Venkov Kolev, kemarin (15/10).

    Sementara itu, PSM datang ke Palembang dengan optimisme tinggi. Andi Oddang dkk optimis mampu memetik poin di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok sore. Dua kemenangan di dua laga away, yakni menang 0-1 atas Persijap dan unggul 0-1 dari Persikabo, menjadi modal tersendiri bagi Skuadra Robert Renealbert saat menghadapi Sriwijaya nanti.

    “Kondisi pemain semuanya tidak ada masalah. Kami akan berusaha keras untuk bisa memberikan yang terbaik bagi PSM. Tapi, kami juga mewaspadai kebangkitan Sriwijaya dari dua kekalahannya,” kata asisten pelatih, Liestiadi. (mg43)

    Head to Head Sriwijaya FC v PSM

    26 Mei, 2010: Sriwijaya FC v PSM: 2-0 (ISL)
    11 Oktober 2009: PSM v Sriwijaya FC: 1-1 (ISL)
    29 Maret 2009: Sriwijaya FC v PSM: 0-0 (ISL)
    26 September 2008 PSM V Sriwijaya FC: 1-2 (ISL)
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com