Lebih Nyaman Jadi Second Striker

Diproyeksikan menjadi striker murni dan banyak menciptakan gol ternyata tak sejiwa dengan harapan penyerang Sriwijaya, Park Jung-Hwan. Pasalnya, pemain yang di boyong dari PSM Makassar ini lebih nyaman menjadi second striker yang memang menjadi andalan posisinya. ”Saya lebih senang berada di belakang striker dan memberikan banyak assist untuk striker,” kata Park Jung-Hwan kemarin (5/10).

Ya, sebelum bergabung bersama Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC), Park sapaanya selalu di tempatkan sebagai second striker. Pemain kelahiran, Seoul, 14 January 1977 lebih enjoy di tugaskan untuk menyuplai bola agar bisa dikonversikan menjadi gol.
”Selama di Makasar, saya selalu mendapat tugas seperti itu dan memang saya lebih suka bergerak mobile ke kiri atau ke kanan lapangan. Dan itu sesuai dengan tipe permainan saya,” imbuhnya.

Sebelumnya, mantan pemain Seoul FC ini memang jarang menciptakan gol, lantaran sebagai second striker. Bersama Persiba Balikpapan, Park sendiri hanya hanya diturunkan dalam 474 menit dan hanya menciptakan dua gol. Itupun hanya dalam satu pertandingan, ketika Persiba menjamu Persija Jakarta, pada 21 November 2009 lalu, dia langsung memborong dua gol.

Begitu juga saat bersama PSM Makassar, Park juga tidak terlalu moncer soal gol. Bergabung selama setengah musim, Park hanya menciptakan 5 gol. Yakni, ketika menjamu Persik Kediri (17/03/10), dua gol saat bermain dikandang Persitara (27/03/10), serta masing-masing satu gol ketika PSM menjamu Persisam Samarinda (13/04/10) dan menjamu Persiwa Wamena (24/04/10).

Meski kurang nyaman ditugaskan sebagai striker murni, Park tetap bermain profesional. Hal ini dibuktikan, selama bergabung bersama Sriwijaya, Park sudah membukukan 4 gol. Yakni, satu gol diciptakan saat uji coba melawan PS Bangka saat menang 3-1. Duo gol Park saat membantai 6-0 atas Persib Bandung pada laga Inter Island Cup (1/9), dan satu gol lagi pada laga pada partai final IIC, saat menang 2-0 atas Persiwa Wamena (5/9) lalu.

”Bagi saya menciptakan gol bukan karena dipercaya sebagai striker. Tapi, saya lebih kepada kerja keras untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal dari kerja sama tim,” tambahnya.

Saat ditanya siapa pemain yang layak menempati sebagai striker, Park lebih mengandalkan striker gaek, Keith Kayamba Gumbs. ”Kayamba merupakan pemain yang pantas berada di depan. Kayamba merupakan seorang pekerja keras yang memiliki kecepatan dan pintar dalam menempatkan posisi,” pungkasnya. (mg43)

Biodata :
Nama : Jung Hwan Park
Paspor : Korea Selatan
Tempat/tgl lahir : Seoul, 14 January 1977
Usia : 33
Posisi : Depan
Tinggi : 180 cm
Berat : 77 kg

Karir Klub:
Jeonbuk Hyundai Motor (2005).
Yantai Yithen-China (2006)
Sowon FC-Korea Selatan (2007)
Persiba Balikpapan (2008-2009)
PSM Makassar (2009-2010)
Sriwijaya FC (2010-)

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments