Amankan Semifinal

Timnas Indonesia dalam konfidensi tinggi. Arsitek Timnas Indonesia Alfred Riedl optimistis Firman Utina dkk mampu lewati hadangan Malaysia Rabun nanti (1/12) dan berikan yang terbaik di AFF Suzuki Cup 2010. Rasa percaya diri ini mencuat menyusul pencapaian kesiapan pemain yang sudah mencapai 100 persen.

”Kerja sama antarpemain sudah bagus. Ini modal berharga untuk terjun di pertandingan sesungguhnya. Kesiapan tim juga sudah capai 100 persen. Tapi, kesiapan ini masih perlu ditingkatkan lagi karena tak cukup bermodalkan 100 persen untuk menangi setiap pertandingan,” ujar Pelatih Timnas Alfred Riedl kemarin pagi (28/11).

Coach asal Austria ini menyadari rivalitas di Grup A sangat ketat. Meski berstatus tuan rumah, Tim Garuda (julukan Timnas Indonesia) harus bersaing dengan Thailand, Malaysia, dan Laos. Selama ini, Indonesia susah menang atas Thailand, sementara Malaysia usung skuad jawara SEA Games 2009. Sedangkan tahun lalu Laos menghajar Timnas U-23 di SEAG Games 2009 dengan skor 2-0. So, tak gampang untuk memprediksi tim mana yang bakal lolos dari babak penyisihan grup ini.

Beda dengan Grup B. Vietnam dan Singapura diprediksi bakal lolos mudah ke semifinal. Kualitas mereka masih di atas rival lainnya macam Filipina dan Myanmar. ”Fokus kami saat ini adalah sekuat tenaga lolos ke semifinal dulu. Kami tidak peduli siapa lawan yang akan dihadapi di semifinal nanti. Kami siap menghadapinya,” tegas mantan arsitek Vietnam dan Laos ini.

Di AFF Cup kali ini, Alfred dibebani target juara oleh PSSI. Untuk wujudkan ambisi itu, dia kini sudah menurunkan volume latihan untuk Firman Utina dkk. Dari sehari dua kali menjadi pagi hari saja. Tujuannya, untuk menjaga kondisi pemain yang sudah tercapai sejak latihan 8 November lalu.

Dalam latihan di Lapangan ABC, Senayan, kemarin pagi, Alfred mengasah ketajaman lini depannya dengan perbanyak shooting on goal. Tak hanya itu, ketangguhan barisan belakang juga tak luput dari pembenahan. Secara berulang-ulang pemain belakang diuji ketangguhannya mengantisipasi serangan yang datang dengan model satu bek melawan dua pemain depan lawan.

Meski percaya diri, masih ada yang mengganjal di hati Alfred. Ini karena dia tak bisa maksimalkan tenaga pemain terbaik di tanah air macam bek Persipura Jayapura Ricardo Salampessy dan gelandang Persib Atep yang masih dililit cedera. Begitu juga dengan absennya bomber Persipura Boaz Solossa akibat indisipliner.

”Kami juga terpaksa memulangkan Nova Arianto karena cedera otot pangkal paha. Dia butuh waktu satu hingga dua pekan untuk sembuh. Sebagai gantinya kami akan datangkan bek Persiwa Wamena Yesaya Desnam. Dia akan segera gabung dengan tim,” ungkap Alfred.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments