Jaga Gengsi SFC VS Persija

Uji coba berat bakal dilakoni Sriwijaya FC pada dua bulan jeda kompetisi. Menghadapi Persija Jakarta, di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (15/12) nanti, tim asuhan Ivan Kolev ini bakal mendapatkan rival sepadan. Tak heran hasil tiga uji coba sebelumnya melawan PSAD, Persime Muara Enim dan SFC U-21 di nilai belum sebanding. “Hasil tiga laga yang sudah kami lakoni belum bisa menjadi patokan. Kami masih butuh lawan tanding yang sepadan. Dan melawan Persija bisa menjadi tolak ukur kami,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev.

Pelatih asal Bulgaria ini melanjutkan, meski akan menjajaki kekuatan sesungguhnya, Laskar Sriwijaya tidak akan mematok target apapun. “Fokus kami bukan jumlah gol yang di ciptakan. Tapi, koordinasi tim dari semua lini lebih penting. Dan kami akan mencoba memaksimalkan laga ini,”.

Tapi, meski tak membawa misi apapun, Sriwijaya tetap membidik kemenangan. Ini demi menjaga reputasi sebagai tuan rumah sekaligus menobatkan sebagai tim juara sejati. Sriwijaya sendiri saat ini merupakan tim paling banyak mengumpulkan tropi. Dengan satu tropi juara Super Liga, tiga tropi Piala Indonesia, dan dua tropi lainya juuara pra kompetisi. Yakni juara Community Shield, dan Inter Island Cup (IIC).

“Kami tetap mematok kemenangan pada pertandingan uji coba nanti. Sebab, ini sebuah gengsi. Apalagi, kami senagai tuan rumah,” kata Direktur Teknik dan SDM, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM), Hendri Zainuddin, kemarin (13/12).

Wajar, bila Sriwijaya berambisi menjaga gengsinya. Sebab, selain tak ingin kalah di hadapan publik sendiri, tim juara double winner 2007 ini ingin membuktikan keputusan delapan pemain plus pelatih yang membelot ke Persija salah.

Sebut saja Hendro Kartiko, Ambrizal, I Gusti Ngurah Trisnajaya, Mohammad Nasuha, Octavianus. Selanjutnya Toni Sucipto, Precious Emeujeraye, Andri Tani, dan arsitek Rahmad Darmawan.

Sriwijaya sendiri mempunyai modal untuk menjaga gengsinya. Meski dari head to head sama imbang, yakni tiga kali seri, satu kali kalah dan satu kali menang, skuadra Ivan Kolev sedang di rasuki spirit tinggi.

Mampu tak terkalahkan di tiga laga uji coba, yakni, imbang 1-1, dari PSAD, (25/11) menang, 6-0 atas Persime Muara Enim, (30/11), dan menang 7-0 atas SFC U-21, (11/12) lalu menjadi modal tersendiri bagi Keith Kayamba Gumbs dkk.

“Kami ingin pemain bisa selalu memberikan hasil yang maksimal. Baik di laga uji coba maupun di pertandingan resmi. Ini demi memompa semangat pemain dalam bertanding,” imbuh pria asal Payaraman, Ogan Ilir (OI) itu.

Sementara itu, Persija datang ke Palembang dengan membawa 19 pemain. Demi mempersiapkan tim secara matang, coach Rahmad Darmawan sendiri langsung menggelar latihan di stadion Bumi Sriwijaya Palembang, sore harinya.

“Semua pemain akan kami turunkan pada pertandingan nanti. Sebab, kami ingin melihat kondisi dan progress dari tim,” kata pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, saat tiba di hotel Swarna Dwipa Palembang, kemarin (13/12).

Meski membawa kekuatan penuh, Persija sendiri tak mematok target apapun di laga uji coba kali ini. Pasalnya, RD sapaan Rahmad Darmawan ingin menaikan mental dan kolektivitas timnya saat bermain di laga away.

“Saya rasa ini sangat menguntungkan bagi kami dan Sriwijaya. sebab, kami butuh pembelajaran mental saat bermain di laga away. Dan Sriwijaya ingin belajar bermain di laga home. Sebab, di awal lagan anti, seperti ini yang bakal kami jalani,” imbuh mantan arsitek Sriwijaya itu.

Ya, paska dua bulan jeda kompetisi, Persija akan langsung bertamu ke Bontang FC (2/1/11) dan Sriwijaya akan menjamu Persib Bandung di hari yang sama. “Apalagi, saat ini sangat sulit untuk mencari lawan tanding. Pasti, kesempatan ini, akan kami manfaatkan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (mg43)


Head to head Persija V Sriwijaya FC
* 3 November 2010 Persija 0 – 0 Sriwijaya FC
* 8 Mei 2010 Sriwijaya FC 0 - 0 Persija
* 19 Feb 2010 Persija 1 - 0 Sriwijaya FC
* 13 Jan 2010 Sriwijaya FC 1 - 1 Persija
* 10 Mei 2009 Persija 3 - 4 Sriwijaya FC
* 10 Agu 2008 Sriwijaya FC 1 - 2 Persija

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments