• Langsung Fokus Pra - Olimpiade

    Usai gagal berikan trofi juara di Piala AFF 2010, skuad Timnas Indonesia dibubarkan. Sebelum kembali ke rumah masing-masing, kemarin skuad Merah Putih dijamu makan siang oleh apparel Pasukan Garuda di sebuah restoran di Senayan City, Jakarta. Pemain baru benar-benar mensterilkan Hotel Sultan, mulai pukul 15.00 WIB.

    Dari sekian pemain, hanya Markus Haris Maulana yang masih menetap di hotel. Dia berencana melaksanakan bulan madu bersama sang istri, Kiki Amalia, sambil merayakan tahun baru di Ibu Kota. Maklum, pasangan selebriti dan kiper Timnas ini belum sempat bulan madu karena usai menikah Markus langsung fokus jaga gawang Merah Putih di Piala AFF 2010.

    Sementara pelatih Alfred Riedl kembali ke apartemennya di kawasan Senayan. Sedangkan asistennya Wolfgang Pikal terbang ke Bali besok. Namun, jatah libur mereka gak panjang. Pemain akan kembali ke klub untuk berkompetisi di ISL, sementara Riedl harus menyiapkan program untuk membawa Pasukan Garuda hadapi Turkmenistan di Pra-Olimpiade 2012 London usai dipertahankan PSSI meski gagal berikan trofi juara di Piala AFF 2010. Sebab, Indonesia sudah ditunggu Turkmenistan pada 23 Februari dan 3 Maret 2011.

    ”Program untuk Pra-Olimpiade akan dimulai awal tahun depan. Kami harus melakukan seleksi secepatnya untuk pemain kelahiran 1989,” ungkap Asisten Pelatih Timnas Wolfgang Pikal kemarin (30/12).

    Untuk hadapi pertarungan itu, Riedl butuh sekitar 22 hingga 23 pemain. Untuk mencari pemain yang cocok, pihaknya akan melakukan seleksi pemain dua tahap di Jakarta. Seleksi pertama dilakukan selama tiga hari mulai 7-9 Januari 2011. Kemudian dilanjutkan pada 11-13 Januari 2011.

    Saat ini, pihaknya mengklaim sudah kantongi 52 nama calon penghuni Timnas U-23 untuk Pra-Olimpiade. Pemantauan juga dilakukan di Divisi Utama selain ISL. Setidaknya ada 10 nama yang kini berstatus perkuat tim Divisi Utama. Selain itu, Kim Kurniawan juga masuk di dalamnya. Gelandang blasteran Jerman-Indonesia itu diharapkan mampu bersaing dengan pemain muda lainnya usai dinaturalisasi.

    ”Kami juga sedang menunggu perkembangan dari BTN terkait proses naturalisasi tiga hingga empat pemain dari Belanda. Tapi, mayoritas tetap diisi pemain binaan asal ISL U-21,” ujarnya.

    Pikal juga tak menampik pemain yang menghuni skuad Piala AFF 2010 ada yang dapat posisi di skuad Pra Olimpiade. Misal, Kurnia Meiga, Yongki Aribowo (Arema), Oktovianus Maniani (Sriwijaya FC), dan Irfan Bachdim (Persema). Keempat pemain ini kualitasnya sudah diketahui selain karena umurnya yang masih di bawah 23 tahun.

    Diakuinya, Kurnia memiliki postur ideal sebagai kiper utama. Dengan masuknya empat pemain itu, saat ini dia sedang mencari pemain sayap yang memiliki kecepatan untuk mengimbangi akselerasi Oktovianus Maniani di sayap kiri. Selain itu juga gelandang yang mobile. ”Kami ingin targetkan lebih di Pra-Olimpiade. Jadi kami butuh pemain bagus termasuk di posisi bek. Pemain belakang harus punya kecepatan selain pintar membaca arah serangan lawan,” tukasnya.

    Karena program ini merupakan bagian dari persiapan SEA Games 2011, Riedl juga memasukkan jadwal uji coba internasional. Dan, ini yang akan dijembatani PSSI dengan mengadakan turnamen U-23 ASEAN pada Juni di Jakarta. ”Uji coba internasional itu sedang kami rancang. Nantinya, tak hanya diikuti tim U-23 saja, Kalau ada Timnas Senior juga gak masalah,” ucap Sekjen PSSI Nugraha Besoes seperti dilansir situs PSSI.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com