• SFC Jajal SFC U-21

    Sriwijaya FC (SFC) kembali menggelar laga uji coba. Kali ini tim berjuluk Laskar Wong Kito memilih juniornya (SFC U-21) untuk lawan tanding. Tidak ada persiapan khusus dari head coach Ivan Venkov Kolev pada pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sore ini (11/12). Pelatih asal Sofia Bulgaria ini hanya ingin melihat permainan anak didiknya. Dia masih penasaran dengan hasil dua laga pada dua partai pemanasan sebelumnya. Yakni ketiga ditahan imbang PS AD 1-1 dan menang telak 6-0 atas Persime Muara Enim.

    ”Kami berharap anak-anak ada peningkatan,” ujar Kolev (11/12).

    Namun, tidak menutuk kemungkinan untuk menurunkan kekuatan terbaik. Mengingat laga ini akan dijadikan untuk lebih mematangkan skema sebelumberuji coba dengan Persija 15 Desember nanti dan menghadapi Persib di ajang Indonesia Super League (ISL) 2 Januari 2011 mendatang.

    “Bisa saja semua pemain yang ada akan saya turunkan. Lihat saja nanti. Kami tetap ingin memetik hasil maksimal pada pertandingan tersebut. Saya berharap, uji coba nanti bisa dimanfaatkan untuk menentukan pemain yang bakal diturunkan lawan Persib. Saya sudah memiliki beberapa alternatif, dan tinggal mematangkan saja,” lanjut pelatih asing yang sudah mahir berbahasa Indonesia ini.

    Menurut Kolev sekaligus untuk mengantisipasi bakal absen lima pilar yang memperkuat timnas Indonesia di Piala AFF, 1-29 Desember 2010, yang kemungkinan besar bakal didera kelelahan. Kelima pemain itu, Oktovianus Maniani, Firman Utina, M Ridwan, Ferry Rotinsulu dan Arif Suyono.

    “Kami akan biasakan bermain tanpa mereka (timnas Indonesia, red). Hal ini jela untuk mengantisipasi bila lima pemain timnas tidak bisa turun saat lawan Persib,” tukas dia.

    Bukan hanya Sriwijaya rupanya Persija Jakarta juga mulai mempersiapkan jelang uji coba. Sebelum bertolak ke Palembang skuadra Rahmad Darmawan akan, mematangkan strategi dengan menjajal tim lokal Jakarta, Diklat Ragunan, hari ini (11/12).

    “Kami akan mengawali uji coba melawan tim lokal Jakarta. Uji coba ini juga bisa dikatakan sebagai persiapan melawan Sriwijaya FC,” kata pelatih yang akrab disapa RD itu.

    Menghadapi Sriwijaya, pelatih asal Metro Lampung ini mengaku tidak ada target khusus. Namun, Persija tetap akan bermain maksimal. Sebab, Macan Kemayoran butuh motivasi saat bermain di laga away.

    “Kami hanya ingin menerapkan kekompakan tim saja pada laga uji coba nanti. Selain itu, bermain di kandang Sriwijaya sangat kami nanti. Kami harus menaikkan mental pemain saat bermain di away,” lanjut eks pelatih Sriwijaya itu.

    Wajar, bila tim Ibu Kota ini berambisi untuk mengoptimalkan laga uji coba melawan Sriwijaya. Ya, pada laga perdana Indonesia Super League (ISL), paska jeda dua bulan kompetisi, skuadra Rahmad Darmawan akan langsung bertolak ke Pulau Kalimantan untuk melawan Bontang FC, (2/1/11) nanti.

    Coach Rahmad Darmawan ingin menaikan mental Hendro Kartiko dkk saat bermain di hadapan ribuan suporter lawan. “Laga ini juga sebagai pengasahan mental pemain kami saat bermain di bawah tekanan penonton,” imbuhnya.

    Tapi, terpenting bagi mantan pelatih Persipura itu, anak asuhnya mampu menerapkan pola permainan yang selama ini disusun guna menghadapi kompetisi lanjutan ISL.

    “Saat ini kami menjalani libur panjang seperti klub lainnya. Kami sangat minim game. Di laga uji coba melawan Sriwijaya nanti akan kami maksimalkan untuk menjajal pola yang sudah disiapkan. Termasuk kerja sama tim,” pungkas pelatih asal Metro Lampung itu.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com