SFC : Tanpa Delapan Pilar Utama

Coach Ivan Venkov Kolev tetap optimistis menghadapi Persija Jakarta pada laga uji coba di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring 15 Desember nanti. Meskipun tim berjuluk Laskar Wong Kito sendiri dipastikan pincang. Pasalnya, delapan pilarnya kemungkinan besar absen. Lima pemain memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia diajang Piala AFF 2010 sebut saja Firman Utina, Oktovianus Maniani, M Ridwan, Arif Suyono dan Ferry Rotinsulu. Dan tiga pemain masih dalam proses pemulihan paska cedera mereka adalah Park Jung-Hwan, Claudiano Alves Dos Santos dan Budi Sudarsono.

“Sebenarnya kami tidak memasang target apa-apa pada pertandingan persahabatan nanti. Demi sebuah gensi meski tanpa “muka asli” kami tetap harus bermain maksimal dan meraih hasil terbaik,” ujar Kolev sapaan akrabnya kepada Sumatera Ekspres kemarin, (13/12).

Pelatih asal Sofia Bulgaria itu melanjutkan, selain gengsi laga ini akan sangat menguntungkan. Kedua kesebelasan akan bisa bereksplorasi pola, strategi dan tak ketinggalan komposisi pemain. Kolev manambahkan laga friendly tersebut akan menjadi ujian sebenarnya dan akan menjadi barometer tim double winner edisi 2007 itu selama recovery.

“Pada uji coba kali ini kami bisa memperbaiki, meningkatkan kerjasama dan kolektivitas tim. Sebab, selama berlatih kami hanya dapat memberikan materi fisik, teknik dan strategi saja,” tambah eks pelatih Persipura dan Persija Jakarta ini.

Pelatih asing yang sudah mahir berbahasa Indonesia ini, mengaku tidak akan mengangap remeh kekuatan tim Macan Kemayoran (sebutan Persija). Meskipun mereka bakal bertindak sebagai tim tamu dan tidak akan diperkuat oleh lima pemain andalannya. Tiga bersama tim Garuda (julukan timnas Indonesia) yakni Bambang Pamungkas, Tony Sucipto dan M Nasuha serta dua pemain asing yang masih belum bergabung yaitu Agu Casmir dan Eric Arsène Bayemi Maemble. “Kami tahu Persija tim yang bagus. Mereka tidak akan bergantung dengan pemain-pemainnya yang absen. Mereka bisa memberikan kejutan kalau kami tidak waspada,” tukasnya.

Sementara itu tactitian Persija Rahmad Darmawan mengaku betapa pentingnya uji coba ini. Pelatih yang beken disapa RD itu, memaknai laga tersebut sebagai persiapan awal menghadapi laga lanjutan Indonesia Super League (ISL). Mengingat, Persija bakal bermain away terlebih dulu. Yakni menyambangi Bontang FC (2/1/2011) dan Persisam (6/1/11) mendatang.

Sedangkan masih kata pria yang gemar memakai topi ini, Sriwijaya akan melanjudkan kompetisi dengan bermain home yakni menghadapi Persib (2/1/11), Persijab (5/1/11) dan Persibo (8/1/11). ”Oleh karena itu, kami tetap akan meraih hasil maksimal pada laga itu. Tidak ada istilah pemain pelapis buat kami. Semua pemain (19 pemain, red) akan saya turunkan,” tukas prian asa Metro Lampung ini.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments