• Tiga Pilar SFC Buru Top Skor Piala AFF

    Tiga pilar Sriwijaya FC ikut meramaikan bursa pencipta gol terbanyak pada Piala AFF 2010. Yakni Firman Utina, M Ridwan dan Arif Suyono. Ketiganya sama-sama memimpin dengan torehan dua gol bersama satu penyerang timnas lain, yaitu Irfan Bachdim (Persema), Aleksandar Duric (Singapura), Sarayoot Chaikumdee (Thailand), Chris Greatwich (Filipina), serta Trong Hoang Nguyen dan Anh Duc Nguyen (Vietnam).

    Kans, tiga pilar tim berjuluk Laskar Wong Kito itu, untuk menambahkan pundi golnya cukup terbuka. Sebab, tim Garuda sudah bisa dipastikan melaju ke babak semifinal dan masih menyisakan satu laga pamungkas menghadapi timnas Thailand yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno malam ini, (7/12).

    Winger Arif Suyono mengaku sebelumnya tidak pernah bermimpi untuk menjadi top skor. Namun, kini setelah berhasil mengemas dua gol dari dua caps dirinya menjadi semakin termotivasi. Tak heran jika pemain yang karib disapa Keceng ini optimistis bisa menambah perbendaharaan golnya pada laga berikutnya.

    “Mungkin sulit untuk menjadi pencipta gol pada even besar seperti piala AFF. Namun, kami rasa bukan suatu hal yang mustahil bila pemain timnas Indonesia bisa mencapainya tidak terkecuali kami,” kata Arif saat dihubungi via ponsel semalam, (6/12).

    Pemain asal Batu, Malang ini, juga tidak mempermasalahkan statusnya sebagai pemain supersub seperti pada dua laga awal yakni menang 5-1 atas Malaysia dan 6-0 dari Laos. Namun, bila pada pertandingan selanjutnya bisa diberi kepercayaan lebih pemilik jersey 14 ini, berjanji untuk kembali menampilkan kemampuan terbaiknya. ”Sudah saya bilang dari tadi kalau bisa menciptakan gol kenapa tidak kami lakukan,” tambah bapak satu anak ini.

    Meski begitu, pria kelahiran 3 Januari 1984 itu, tidak mementingkan ambisi pribadi. Dia tetap akan memprioritaskan kemenagan tim ketimbang menciptakan gol pada setia laga. ”Buat kami yang paling penting menang dan bisa juara. Kesempatan ini cukup langka dan timnas Indonesia sedang dalam kondisi terbaik. Kami yakin tahun ini AFF Cup milik Indonesia,” pungkas dia.

    Lain halnya dengan Arif, Firman Utina tidak mau berandai-andai. Mantan pemain Pelita dan Arema Malang ini, hanya ingin selalu tampil maksimal pada setiap laga. ”Kami tidak terlalu berambisi untuk menciptakan gol. Yang kami inginkan hanya kemenangan. Bila kami berhasil menciptakan gol berarti bonus,” pungkas kapten timnas Indonesia tersebut. (mg42)

    Pencipta Gol Terbanyak Piala AFF
    1996 7 gol Natipong Sritong-In (Thailand)
    1998 4 gol Myo Hlaing Win (Myanmar)
    2000 5 gol Gendut Dony (Indonesia) dan Worrawoot (Thailand)
    2002 8 gol Bambang Pamungkas (Indonesia)
    2004 7 gol Ilham Jaya Kesuma (Indonesia)
    2007 10 gol Mohd Noh Alam Shah (Singapura)
    2008 4 gol Budi Sudarsono (Indonesia), Agu Casmir (Singapura), dan Teerasil Dangda (Thailand)
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com