Yang Penting Menang

Mohammad Ridwan menjelma menjadi pemain paling subur di Timnas Indonesia. Bersama dua koleganya dari Sriwijaya FC Firman Utina dan Arif Suyono, nama pemain kelahiran Semarang ini tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dengan donasi dua gol sementara AFF Suzuki Cup 2010. Padahal, posisi aslinya adalah wingbek.

”Biasa aja, gak ada yang istimewa dengan gol saya. Yang penting tim menang,” ujar Ridwan merendah ketika ditanya usai Indonesia cukup Laos 6-0 Sabtu lalu (4/12).

Selama AFF Suzuki Cup, arsitek Timnas Indonesia Alfred Riedl mengubah posisi asli mantan pemain Pelita Jaya dan PSIS Semarang ini. Ridwan yang biasa beroperasi sebagai bek kanan atau kiri, oleh coach asal Austria ini didorong agak ke depan. Dengan kecepatan yang dimiliki, dia diharapkan bisa membantu obrak-abrik pertahanan lawan sebagai flank kanan.

Tugas itu sukses dijalankan. Tak jarang dia kejutkan pertahanan Laos dan Malaysia. Malah, pemain yang belum cetak gol untuk Sriwijaya FC ini mampu sumbang 2 dari 11 gol yang dikoleksi Timnas Indonesia dalam dua laga awal babak penyisihan Grup A.
Torehan golnya nyaris bertambah jika tendangannya tidak melambung saat berhadapan dengan kiper Laos Sengphachan Bounthisanh. Jika terus dipercaya arsitek Alfred Riedl, bukan tak mungkin torehan golnya bertambah. Apalagi, Merah Putih lolos ke semifinal.

Namun demikian, tak sedikit pula dia melakukan kesalahan. Ridwan tercatat sebagai pemain yang kerap kehilangan bola dan melakukan salah umpan. Kekurangan ini tertutupi setelah dia mencetak gol dan beberapa kali mengancam gawang lawan. Bagaimana Ridwan menanggapi soal ini? ”Salah umpan dan kehilangan bola itu hal biasa dalam sepak bola. Bukan karena adaptasi atau grogi dengan banyaknya suporter di stadion,” tukasnya. (kmd)


Biodata
Nama: Muhammad Ridwan
TTL: Semarang, 8 Juli 1980
Tinggi : 171 cm
Berat: 65 kg
Karir:
1999 - 2002 PSIS Semarang
2002 - 2003 Pelita Jaya
2003 - 2004 Persegi Gianyar
2004 - 2008 PSIS Semarang
2008 - 2010 Pelita Jaya
2010 - …… Sriwijaya FC
Timnas
2007 - …. 36 (5 gol)

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments