5 Februari, Usul Calon Petinggi PSSI

Anggota tim verifikasi pembentukan pengurus PSSI Pusat Gusti Randa mengatakan, nama-nama calon Ketua Umum PSSI, Wakil Ketua Umum dan Eksekutif Komite PSSI yang akan ikut dalam pemilihan harus sudah diusulkan ke sekretariat PSSI paling lambat 5 Februari nanti.

SFC Mania


Menurut pria berprofesi pengacara itu, dua pekan setelah batas pendaftaran calon ditutup, barulah diumumkan kembali kepada Pengprov PSSI bersama agenda kongres yang sesuai rencana dihelat di Pulau Bintan, Riau, 19 Maret mendatang.

"Sejauh ini, kami belum tahu calon yang akan tampil. Pasalnya, sebelum tanggal yang ditetapkan, yakni 5 Februari, semuanya masih urusan sekretariat. Baru setelah itu akan ditangani tim verifikasi yang dibentuk PSSI. Jadi, tim verifikasi praktis memiliki waktu dua pekan sebelum kongres," kata Gusti di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (31/1).

Gusti yang pernah populer saat membintangi sinetron Siti Nurbaya itu menjelaskan, persyaratan yang dipakai sesuai statuta PSSI. Karena itu, nama-nama calon petinggi PSSI yang masuk daftar akan diputuskan oleh kongres.

Ditambahkan, dalam statuta PSSI disebutkan ada dua syarat utama, yakni formal dan informal. Syarat formal seperti usia minimal 35 tahun, tercatat sebagai WNI dan aktif di sepakbola. Syarat ini didahulukan, sedangkan syarat informal bisa menyusul tanpa merinci apa yang masuk kategori syarat informal itu.

Mengenai rumor calon ketum harus aktif di sepakbola nasional minimal lima tahun berturut-turut, Gusti mengatakan statuta PSSI tidak menyebut adanya waktu lima tahun berturut-turut, tetapi disebutkan lima tahun terakhir.

“Yang pasti, harus dicalonkan oleh Pengurus PSSI Provinsi dan tidak boleh secara personal dalam jumlah tidak terbatas. Jadi kita tidak mengenal istilah calon independen seperti di Pilkada,” canda Gusti.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments