Alasan Okto Tinggalkan TC Timnas

Oktovianus Maniani akhirnya buka suara soal alasannya meninggalkan pemusatan latihan (TC) timnas U-23 pada 27 Januari 2011 lalu.

SFC Mania


Tekanan dari klubnya, Sriwijaya FC menjadi alasan utama Okto pergi begitu saja. Klub berjuluk Laskar Wong Kito itu mengharuskan Okto untuk tampil di lanjutan Liga Super Indonesia (ISL). Jika tidak, maka akan ada konsekuensi yang bakal ditanggung oleh Okto secara pribadi.

"Saya didesak oleh manajemen Sriwijaya. Harus bermain," kata Okto yang sudah ikut berlatih kembali bersama timnas di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Selasa 1 Februari 2011.

"Saya disuruh main, kalau nggak saya kena masalah. Makanya, saya harus pergi. Tekanan bukan dari pelatih, tapi dari manajemen," tambahnya lagi.

Okto meninggalkan TC dan memperkuat Sriwijaya melawan Persipura Jayapura di lanjutan ISL. Sesudah itu, dia langsung kembali ke Jakarta dan bertemu dengan pelatih Alfred Riedl.

Dalam pertemuan itu, Okto menjelaskan alasan kepergiannya. Itu menyangkut tekanan apa saja yang didapatnya jika bertahan di TC.

"Riedl maklum karena sebagai pemain saya yang kena semua," kata Okto. "Riedl bilang tidak apa-apa, tapi jangan diulangi lagi."

Sebelumnya, Riedl sudah memaafkan Okto dengan membiarkannya ikut latihan timnas pagi ini. Riedl juga menegaskan kalau tidak akan ada sanksi apa pun yang bakal diberikan kepada Okto. Alasannya, Riedl mengerti soal besarnya tekanan yang dialami Okto dari klubnya.

Sayangnya, Okto tidak bisa menjamin apakah peristiwa 'kabur' dari TC itu tidak akan berulang. Apalagi, bukan tidak mungkin Sriwijaya bakal membutuhkan jasanya lagi di pertandingan-pertandingan lain.

"Kalau itu terjadi lagi, saya pikir-pikir dulu," tutup Okto.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments