• Alfred Riedl Maafkan Okto

    Pelatih Alfred Riedl memutuskan untuk memaafkan kelakuan Oktovianus Maniani yang mangkir tanpa izin, meninggalkan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23.

    SFC Mania


    Hal ini diputuskan Riedl setelah melakukan pembicaraan empat mata dengan pemain asal Srwijaya FC yang 'kabur' sejak 27 Januari 2011 lalu itu. Riedl menyebut Okto berada dalam tekanan yang besar dari klubnya. Alasan yang dikemukakan Okto dipercayai Riedl dan pelatih asal Austria itu pun mengampuninya.

    "Dia (Okto) menjelaskan kenapa dia pergi. Dia berada dalam tekanan besar dari klub, jadi dia memilih posisi aman dengan pergi," kata Riedl seusai sesi latihan di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Februari 2011.

    "Saya maklumi karena dia pria berkeluarga, masih muda, punya dua anak. Semua yang dia katakan saya percaya, saya bisa mengerti," tambah Riedl, maklum.

    Riedl juga menegaskan kalau Okto tidak akan dikenai sanksi apa pun. Tidak ada pula tekanan dari pihak PSSI di balik pengambilan keputusan ini.

    Pelatih asal Austria itu malah menyalahkan pihak klub yang telah menempatkan Okto dalam posisi tertekan. Meski demikian, Riedl menegaskan Okto tidak boleh hengkang lagi tanpa izin. Kalau itu terjadi lagi, tidak akan ada ampun lagi dan Okto bakal langsung dicoret dari Tim Merah Putih.

    "Saya terima kelakuan ini untuk pertama kalinya, tapi tidak akan saya maklumi untuk kedua kalinya," Riedl menegaskan.

    Riedl membandingkan situasi yang dialami Okto dengan pemain Persipura Jayapura, Boaz Solossa. Di akhir 2010 lalu, Boaz sama sekali tidak hadir dalam Pelatnas menuju Piala AFF 2010. "Saya tidak peduli pemain datang atau tidak, saya hanya ingin pemain terbaik," kata Riedl.

    Toh, Riedl tidak berani menjamin Okto tidak akan mengulangi hal itu lagi. Dia bilang tidak punya cara khusus untuk mencegah pemain agar tak meninggalkan TC tanpa pemberitahuan. "Saya hanya bisa meminta dia tidak melakukan itu lagi. Lalu, apa lagi yang bisa saya lakukan? Kalau pemain kabur lagi, Anda tidak punya pilihan lain," ujar Riedl.

    Dengan kembalinya Okto ke TC, maka ia dipastikan tidak akan memperkuat Sriwijaya di laga berikutnya melawan Persiwa Wamena. Dijadwalkan laga itu akan berlangsung pada 2 Februari 2011 di Stadion Pendidikan. "Klub bisa membuat keputusan yang tidak kami setujui atau sebaliknya. Hal itu normal di sepakbola," kata Riedl lagi.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com