• SFC Berharap Bertuah Di Samarinda

    Hasil maksimal didapat Sriwijaya FC pada dua laga away terakhir. Ini setelah saat melawan PSPS Pekanbaru, di Stadion Kaharuddin Nasution, Pekanbaru, (30/10/10) lalu, tim berjuluk Laskar Wong Kito mampu memetik kemenangan dengan skor akhir 1-0.

    Begitu juga dengan laga away terakhir melawan Persija Jakarta, skuadra Ivan Kolev mampu memetik satu poin setelah mampu bermain imbang 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, (3/11/10) lalu.

    Nah, saat melawan Persisam Putra Samarinda, di Stadion Sagiri, Samarinda, nanti sore (16/1), tim juara double winner 2007 itu berharap tuah Pekanbaru bisa terulang kembali.

    “Jelas target kami menang. Kami ingin bisa kembali memetik hasil hasil seperti saat melawan PSPS lalu. Apapun hasilnya, terpenting kami bisa mencuri poin,” kata Asisten Manajer Sriwijaya FC, Jamaluddin, kemarin (15/1).

    Misi rebut tiga poin dibidik Laskar Sriwijaya demi mencapai targetnya masuk papan atas Indonesia Super League (ISL). Saat ini, Sriwijaya FC sendiri masih nangkring di posisi ke-8 pada klasemen sementara. Praktis, dengan torehan ini, Sriwijaya FC berharap bisa memetik tiga poin pada laga away perdana pascajeda dua bulan kompetisi.

    Kans Sriwijaya untuk mencuri poin di kandang Persisam terbuka lebar. Pasalnya, kondisi Fery Rotinsullu dkk sedang dalam kondisi onfire. Ini setelah Laskar Sriwijaya mampu menumbangkan Persib Bandung 4-1 atas Persib Bandung di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, (12/1) lalu.

    Bukan hanya itu, komposisi Sriwijaya FC juga masih beruntung dibandingkan tuan rumah. Minus Ponaryo Astaman lantaran cedera tidak terlalu berpengaruh. Toh, Coach Ivan Kolev masih mempunyai beberapa pemain pengganti, sekelas Firman Utina, dan Mahadirga Maranando Lasut.

    Terlebih Sriwijaya bakal mendapat suntikan tenaga dua pemain asing yang sebelumnya mengalami cedera. Mereka adalah Keith Kayamba Gumbs dan Claudiano Alves Do Santos. Pasti, masuknya duo pemain asing ini bakal menjadi angin segar bagi Sriwijaya FC. “Claudiano dan Kayamba kemungkinan bisa kami turunkan. Tapi, kami masih akan meihat kondisi terakhir. Sedangkan Ponaryo kemungkinan untuk turun kecil,” lanjut Jamal.

    Kondisi ini jelas lebih baik dibandingkan dengan Elang Borneo (Julukan Persisam). Pasalnya, delapan pemain Persisam tidak pada kondisi maksimal. Mereka adalah Agung Prasetyo (kiper), Usep Munandar (defender), Syaiful Lewenussa (defender), Gangga Mudana (gelandang), Choi Dong Soo (striker), Tangkas Mediantoro, dan Ronald Fagundez.

    Bukan hanya unggul soal kondisi pemain, Sriwijaya FC juga unggul soal peringkat. Meski dari head to head hanya bermain imbang. Yakni, dari tiga pertemuan menghasilkan satu kali kalah, satu kali seri dan satu kali menang, Sriwijaya FC tetap unggul.

    Sriwijaya FC sendiri telah mengoleksi 10 poin dari 3 kali menang, 1 kali seri dan 2 kali kalah. Sedangkan Persisam masih bercokol di peringkat ke-14 dengan torehan 4 poin dari 1 kali menang, 1 kali seri dan 3 kali kalah. Jelas, hasil ini menjadi modal tersendiri bagi Sriwijaya FC.

    Tapi, target memetik poin bakal buyar bila Firman Utina dkk tak mampu menahan tekanan suporter Persisam. Sebab, ini merupakan kali pertama Persisam berlaga pascajeda dua bulan kompetisi. Jelas, hal ini membuat masyarakat dan suporter ingin sekali menyaksikan langsung ke Stadion Sagiri.

    Bukan hanya itu, Pesut Mahakam (Julukan lain Persisam) sedang dalam kepercayaan tinggi. Skuadra Hendri Susilo ini tak mau membagi angka dengan Sriwijaya FC. Hal ini dilakukan demi untuk mengetaskan peringkatnya dari papan bawah.

    “Kami tahu Sriwijaya tim tangguh. Tapi, kami akan bermain dihadapan belasan suporter. Jelas, kami menargetkan kemenangan pada pertandingan nanti,” ujar pelatih Persisam, Hendri Susilo.

    Hendri melanjutkan, banyaknya pemain yang mengalami cedera tak menyurutkan niatnya untuk memetik kemenangan. “Saya yakin, bila pemain semangat tinggi, pasti menang. Terpenting anak-anak bermain disiplin. Dan saya akan memaksimalkan pemain yang ada,” pungkasnya. (mg43/upi/jpnn)

    Head to head Persisam v Sriwijaya FC
    10 Mei 2010 Piala Indonesia (PI) Sriwijaya FC (2) - Persisam Samarinda 2
    16 Feb 2010 Indonesian Super League (ISL), Sriwijaya FC (3)- Persisam Samarinda 0
    16 Jan 2010 Indonesian Super League (ISL), Persisam Samarinda (1) - Sriwijaya FC 0
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com