SFC Naik Papan Tengah Klasmen ISL

Sriwijaya FC mengawali debut manis pascalibur dua bulan kompetisi. Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) ini mampu menumbangkan tim tamu Persib Bandung dengan skor 4-1 (2-0) pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, kemarin (12/1).

“Pertandingan ini merupakan laga terberat. Tapi, saya berterimakasih kepada pemain yang mampu berjuang keras dan bisa memetik kemenangan,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev, usai pertandingan.

Kesuksesan ini langsung menaikkan peringkat Sriwijaya FC pada klasemen sementara. Sebelumnya Sriwijaya sendiri berada di papan bawah yang menempati posisi ke-11 dengan torehan 7 poin. Kini dengan torehan tiga poin, tim juara double winner 2007 itu langsung naik tiga strip dari peringkat 11 ke peringkat 8 klasemen sementara dengan donasi 10 poin surplus gol (8-6).

Kemenangan Sriwijaya sendiri cukup masuk akal. Sebab, sejak menit awal, Sriwijaya tampil menekan. Berbagai peluang terus dilancarkan Keith Kayamba Gumbs dkk. Alhasil memasuki menit ke-11 defender Claudiano Aves Do Santos membuka keunggulan Laskar Wong Kito lewat tandukannya setelah mendapat umpan matang dari tendangan bebas Firman Utina.

Unggul satu gol tak membuat serangan Sriwijaya kendor. Tim juara double winner 2007 itu terus memberikan tekanan di lini pertahanan Maung Bandung (julukan Persib). Beberapa serangan terus mengancam gawang Markus Horison. Seperti, tendangan Rudi Widodo pada menit ke-24 masih bisa ditepis kiper Persib. Kemudian tendangan Keith Kayamba Gumbs pada menit ke-36 masih mampu diblok Markus Horison.

Sedangkan ancaman Persib sendiri hanya terjadi saat tendangan Cristian Gonzales pada menit ke-7 masih mampu diblok Ferry Rotinsullu. Begitu juga dengan tendangan Pablo Frances pada menit ke-37 juga masih kandas.

Memasuki menit ke-43 Sriwijaya mampu menambah keunggulannya lewat tandukan Muhammad Jufriyanto yang mendapat umpan manis dari tendangan sudut Firman Utina. Skor berubah 2-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persib mulai melancarkan serangan. Sepanjang 25 menit babak kedua, Sriwijaya terus tertekan. Sehingga, pada menit ke-64 skuadra Daniel Roekito mampu memperkecil keunggulan. Setelah striker maut Cristian Gonzales mampu menjebol gawang Sriwijaya setelah mampu merebut bola dari Fery Rotinsullu. Skor berubah 2-1.

Persib terus menaikkan tempo permainan. Tapi, hal ini justru berbuah petaka. Sriwijaya mampu memanfaatkan kelengahan lini belakang Persib. Sehingga, pada menit ke-76 pemain lincah Oktovianus Maniani mampu membobol gawang Persib setelah mendapat umpan Supardi. Skor berubah 3-1.

Tak puas dengan tiga gol, Laskar Wong Kito terus memberikan tekanan. Terakhir, memasuki injury time, tepatnya memasuki menit ke-93, giliran Budi Sudarsono menyudahi pesta gol Sriwijaya setelah mendapat umpan dari Supardi. Skor 4-1 hingga laga usai.

Kemenangan ini sendiri merupakan start bagus bagi Sriwijaya. Sebab bakal menjalani beberapa pertandingan. Termasuk dua laga away Kalimantan. Yakni, melawan Persisam Putra Samarinda (16/1) dan Bontang FC (19/1) nanti.

“Kami perlu pembenahan di pertandingan selanjutnya. Sebab, peforma pemain masih belum terlalu maksimal. Mereka masih naik turun. Seperti, pada awal babak kedua anak-anak sangat turun. Mungkin ini lantaran baru menjalani jeda dua bulan kompetisi. Tapi, kami akan mencoba memperbaikinya di pertandingan selanjutnya,” tambah mantan arsitek Timnas Indonesia itu.

Sementara, kekalahan Persib Bandung ini merupakan kekalahan terbesar kedua di musim ini. Sebelumnya, Maung Bandung tumbang 0-6 dari Sriwijaya pada laga pra musim Inter Island Cup (28/8/10).

Selain itu, kekalahan ini juga menjadi ganjalan untuk menuntaskan targetnya keluar dari zona playoff. Tim Maung Bandung saat ini masih tetap bercokol di peringkat 13 dengan empat poin dari 6 laga. “Setiap pertandingan pasti ada menang dan kalah. Kami menyadari Sriwijaya bermain lebih bagus dari kami. Kami juga memberikan apresiasi kepada pemain yang telah berjuang keras,” kata Manajer Persib, Umuh Muhtar, usai pertandingan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments