• Stevie Bonsapia Gantikan Syamsir Alam

    Syamsir Alam telah kembali ke Uruguay untuk memperkuat klubnya. BTN langsung bertgerak cepat dengan memanggil gelandang Persipura Stevie Bonsapia.

    Ya, pemain asal Papua ini sebenarnya mengikuti seleksi timnas tahap ketiga, pada 15–17 Januari. Agenda seleksi tahap ketiga diperuntukkan bagi timnas U-23 yang akan bertarung pada SEA Games (SEAG) 2011.

    Namun, hari kedua seleksi timnas tahap pertama tetap diikuti 19 pemain. Sementara striker Sociedad Anonima Deportiva (SAD) atau Timnas U-19 Syamsir sudah kembali ke Uruguay. Sebab, calon klub tempat Syamsir magang, CA Penarol, akan menjalani latihan perdana mulai Rabu (12/1/2011).

    ”Kami memang memanggil Stevie lebih cepat. Pelatih ingin melihat kualitasnya lebih awal. Kami tahu dia pemain bagus. Namun secara keseluruhan, kualitas pemain lokal tidak kalah dengan asing. Mereka cukup kompetitif,” kata Wakil Bidang Teknik BTN Iman Arif.

    Bersama Persipura, Stevie sudah merumput di Djarum Indonesia Super League (DISL) 2010/2011 selama 487 menit atau 68%. Pemain ini juga sudah melesakkan satu gol. Selain Stevie, beberapa pemain lokal juga terlihat menonjol pada sesi game seleksi tahap pertama, pada hari kedua kemarin. Para pemain yang cukup menonjol itu antara lain Wirya Kumandra, Seftia Hadi, Ramdani Lestaluhu, Alan Arthur Aronggear.

    Justru sikap canggung diperlihatkan pemain calon naturalisasi, Andrea Bitar. Pemain yang sekarang berkostum tim junior AC Cannes ini sering salah melakukan kontrol bola. ”Keputusan akhir tetap ada di tangan pelatih. Semua tetap disesuaikan dengan kebutuhan tim,” tuturnya.
    Agenda pemusatan latihan (TC) tetap dimulai Senin (17/1/2011) dengan kuota maksimal 25 pemain. Nantinya sepuluh nama akan menjadi bagian kekuatan timnas U-23 untuk SEAG. Selama menjalani TC tertutup, setiap pemain akan mendapatkan uang saku harian plus gaji bulanan sesuai kontrak dengan klub.

    ”Keputusan akhir pemain yang belum datang tetap ditunggu sepekan. Dalam waktu dekat, kami akan melaporkan hal ini pada PSSI. Tapi kalau timnas kekurangan pemain, pasti memanggil nama baru dan disisipkan dalam agenda latihan,” ujar Iman. Tim teknik skuad muda Merah Putih di bawah Alfred Riedl akan melakukan rapat internal. Agenda ini membahas potensi pemain dari seleksi tahap pertama, Minggu (9/1/2011). Mereka tetap berharap pemain asing bisa menunjukkan kemampuannya secara maksimal. Sebab, administrasi paspor naturalisasi baru dimasukan bila mereka positif berkostum timnas U-23.

    ”Kami belum bisa berbicara banyak tentang kualitas pemain. Kami baru hari ini melakukan rapat internal dan agendanya untuk evaluasi semuanya. Tapi, kami berharap pemain calon naturalisasi harus lebih baik dari lokal,” tandasnya.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com