AFC Ingin Tambah Negara Peserta LCA

Direktur kompetisi konfederasi sepakbola Asia [AFC] Tokuaki Suzuki berencana menambah jumlah negara yang berlaga di fase grup Liga Champions Asia [LCA] pada tahun 2012 mendatang.
SFC Mania

Saat ini, fase grup LCA diikuti sepuluh negara, yakni Indonesia, Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, Uni Emirat Arab, Qatar, Arab Saudi, Iran, dan Uzbekistan. Rencananya, pada tahun 2012, klub Singapura akan menempatkan satu wakilnya di fase grup.

Untuk penyelenggaraan tahun 2012, AFC tahun ini kembali akan melakukan inspeksi kepada negara yang sudah mempunyai wakil di fase grup. Sejauh ini, baru Jepang yang sudah memenuhi seluruh kriteria.

Inspeksi itu ditujukan kepada federasi anggota, liga, klub-klub dan stadion untuk menentukan apakah kesepuluh negara sebelumnya ditambah Singapura sudah memenuhi kriteria. Cina menjadi negara pertama yang dikunjungi Special Mission Team [SMT] kemarin.

“Tahun ini, kami akan melakukan lagi inspeksi terhadap sepuluh negara lainnya dan Singapura untuk mengetahui apakah mereka memenuhi kriteria dengan meningkatkan kualitasnya, terutama liga, klub-klub dan stadion mereka,” ujar Suzuki dilansir laman resmi AFC.

“Setelah inspeksi tahun 2010, kami mendapatkan laporan kemajuan berarti. Saya yakin, ini merupakan laporan pertama di sepakbola profesional sejarah sejarah AFC. Kunjungan SMT pada tahun ini akan berbeda dibandingkan sebelumnya.”

“Perbedaan utama adalah kami akan menggelar workshop di setiap negara untuk membantu klub dan liga memahami elemen platform sebuah sepakbola profesional. Mungkin kami akan menyentuh kompetisinya, pemasaran, media, legal, dan kalau memungkinkan keuangannya.”

Menurut Suzuki, inspeksi pada tahun ini lebih penting bagi AFC karena akan menentukan jumlah klub di tahun 2012. Pihaknya akan lebih ketat lagi dalam menentukan kriteria klub yang berlaga Liga Champions Asia 2012. AFC ingin melihat kemajuan di negara-negara itu.

Pada tahun 2011, Arema Indonesia menjadi satu-satunya wakil Indonesia di LCA, setelah Sriwijaya FC tersingkir di play-off usai menelan kekalahan dari Al Ain.
Sriwijaya FC Ikut Piala AFC CUP Bersama Persipura Jaya Pura

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments