• Ajang Pembuktian Predator Asia

    Pertarungan Sriwijaya FC versus Muangthong United di babak play off Liga Champions Asia (LCA), di Stadion Gelora Jakabaring, Sabtu (12/2) akan mempertemukan dua predator Asia, Kieth Jerome “Kayamba” Gumbs versus Dagno Siaka. Keduanya, menjadi ruh permainan kedua tim, sekaligus pembuktikan siapa yang terbaik di ajang Asia.
    SFC Mania

    Gumbs dan Dagno, pantas mendapatkan julukan itu karena sangat menonjol bagi klub masing-masing. Sama-sama berstatus sebagai pemain asing, pemegang top skorer klub dan pandai memberikan assist (umpan) terukur. Ini menjadi ciri khas permainan keduanya.

    Catatan paling penting adalah, Gumbs mencetak 35 gol dari 70 penampilan di semua ajang. Begitu juga Dagno mencetak 37 gol dari 85 kali di semua ajang. Sementara di tingkat Asia, Gumbs juga mencetak top skorer untuk klubnya dengan mengoleksi 7 gol, sedangkan Dagno unggule dengan 15 gol.

    Khususnya Kayamba, usia boleh memasuki 38 tahun, namun reputasi sebagai pencetak gol terbanyak SFC belum terpatahkan, baik di kompetisi domestik maupun Asia. Dia pun memegang koleksi sebagai pemberi assist terbanyak bagi tim.

    Sebagai penyerang, rekornya bisa dilihat dari torehan golnya pada musim 2009/2010 lalu. Gumbs sapaannya mengoleksi 14 gol di ajang Liga Super Indonesia dan 5 gol di ajang Asian Football Confederation (AFC), serta 2 gol di ajang LCA. Sementara di ajang Piala Indonesia, pria yang selalu tampil plontos ini mencetak 8 gol. Namun bukan torehan golnya di ajang domestik yang menjadi sorotan, tetapi gol demi gol pemain asal ST Kitts N Nevis ini di ajang Asia membuatnya menonjol.

    Gumbs bisa dikatakan sebagai penjebol gawang tim-tim besar di ajang perhelatan Asia dan menentukan langkah SFC.

    Gumbs Unggul Kayamba mampu menjebol gawang Seoul FC, ketika SFC kalah 5-1 di babak penyisihan Liga Champion Asia (LCA) 5 Mei 2009 lalu. Gumbs juga turut menyumbang gol ketika SFC menundukkan Shandong Luneng China dengan skor 4-2 pada 20 Mei 2009 di Jakabaring. Di ajang Asia Gumbs menjadi pencetak gol terbanyak dengan 7 gol, kemudian Arif Suyono 3 gol, Ponaryo 1 gol. Adapula nama Obiora yang hengkang ke PSM Makasar dengan 5 gol dan Rahmat Rivai kini bersama Persipura dengan 1 gol.

    Tentang profesionalitasnya, Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainudin mengatakan Gumbs pantas menjadi panutan dan total sudah hampir 4 musim bermain untuk SFC.

    “Dia contoh pemain profesional dan pengalamannya di ajang Asia bersama Ponaryo Astaman, Arif Suyono, Ferry Rotinsulu, Bobby Satria dibutuhkan menghadapi play off LCA,” urai Hendri.

    Pelatih Ivan Kolev juga mengatakan, pemain bertinggi 178 cm ini pandai menempati semua posisi di lini depan, baik sebagai sayap maupun penyerang murni.

    Pesainga Gumbs, Dagno Siaka, lebih ideal bermain di tengah, tetapi kerap pula beroperasi di kiri dan menjadi penyerang murni. Dimanapun dia ditempatkan tetap menonjol, mampu memberkan banyak assist dan juga mencetak gol. Untuk di ajang Asia Dagno sudah mengoleksi 6 gol.

    Pertarungan Sriwijaya FC versus Muangthong United juga menjadi panggung pembuktian dua penyerang andalan Timnas antara Arif Suyono versus Teerasil Danda. Arif Suyono tampil impresif di ajang AFF Cup Desember lalu dan mampu menyumbang 4 gol. Sebaliknya Teerasil gagal bersinar di ajang yang sama dan tersingkir di babak penyisihan. Bahkan Arif cs mampu menyingkirkan Timnas Thailand degan skor 2-1 di penentuan babak penyisihan. Persaingan kedua akan menjadi perhatian siapa yang mampu membuktikan dirinya sebagai striker terbaik.

    Yakin Menang Muangthong United mulai latihan di Stadion Bumi Sriwijaya Kampus, kemarin, dengan membawa 20 pemain. Empat di antaranya pemain asing, Zesh Rehman, Christian Kouakou, Issoufou Boubacar Garba, dan Toni Kallio. Selain itu, pemain di Muangthong United ini delapan diantaranya merupakan pemain timnas Thailand. Mereka adalah Kawin Thamsatchanan, Datsakorn Thonglao, Teerasil Dangda, Tanapat Na Tarue, Pichitphong Choeichiu, Nattaporn Phanrit, Panupong Wongsa, dan Kabfah Boonmatoon.

    Manajer Muangthong United, Ronnarit Suewaja mengatakan bahwa timnya yakin akan mengalahkan SFC meskipun sebelumnya mereka pernah dikalahkan Persiwa Wamena di Malang season yg lalu.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com