Gumbs Cs Pesta Gol Di Jakabaring

Para punggawa Sriwijaya FC berpesta gol ke gawang tamunya Semen Padang 5-0 pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI), di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Minggu (6/2).
SFC Mania

Faktor dukungan penonton dan perubahan strategi dengan menggeser posisi beberapa pemain mampu merubah arah permainan Laskar Wong Kito. Kapten Keith Kayamba Gumbs, mengawali pesta gol di menit 24, Rudi Widodo menit 32, Budi Sudarsono menit 40 dan 82, serta Korinus Fingkrew di menit 79.

SFC yang sebelum berada di peringkat 9, kini naik ke peringkat 7 dengan mengantongi 17 poin dari 12 kali pertandingan. Untuk menjaga peluang juara, SFC harus memenangkan dua laga kandang terakhir putaran pertama saat menjamu Pelita Jaya, Rabu (9/2), dan Persijap Jepara Rabu (16/2). Sementara hasil pertandingan lainnya, Persisam mengalahkan Persela 4-1, Bontang FC menundukkan Deltras 2-1, Arema mengalahkan pemuncak klasemen Persipura 1-0, dan Persib menundukkan tamunya Pelita Jaya 1-0.

Laga ini dinodai aksi Saktiawan Sinaga yang menendang punggung Claudiano Alves dos Santos sehingga dihadiahi kartu merah oleh wasit Jimmy Napitupulu, dua kartu kuning untuk Yu Hyun Koo dan Anda Hendrawan (pemain Semen Padang). Supardi dan Kayamba juga menerima kartu kuning.

Namun, kemenangan ini dibayar mahal karena beberapa pemain mengalami cedera seperti M Ridwan, Thierry Gathuessi terkena hamstring, Budi Sudarsono bermasalah dengan engkel kiri, begitu juga dengan Rudi Widodo, dan bek Claudiano Alves dos Santos cedera betis kiri. Pelatih Ivan Kolev belum memastikan bagaimana para pemainnya, sebab Senin (7/1) sore baru bisa dipastikan.

“Kemenangan ini hasil kerja semuanya, terutama pemain, tim dan penonton, untuk itu saya ucapkan terimakasih dan apresiasi untuk semuanya. Saya katakan kami mengalami krisis dan ini kondisi sulit. Sebab sehabis lawatan di Persipura dan Persiwa ada 11 pemain cedera, bahkan ada yang belum fit sehingga saya paksakan, tetapi hari ini kami berhasil meraih tiga poin, mudah-mudahan laga selanjutnya akan lebih baik,” jelasnya.

Perubahan Taktik Sejak menit awal, ada perubahan formasi yang diturunkan pelatih Ivan Kolev dengan menarik jauh ke belakang Mahyadi Panggabean sebagai bek sayap kiri dan mendorong M Ridwan sebagai striker. Perubahan ini memberikan hasil, karena Ridwan tampil apik bersama Budi, Rudi dan Kayamba. Sementara Mahyadi tampil ngotot menjaga pertahanan.

Laskar Wong Kito kemudian unggul 1-0 atas Semen Padang setelah Kayamba mencetak gol pembuka di menit 24 menuntaskan umpan lambung Ponaryo Astaman.

Bek Claudiano Alves dos Santos mencoba melindungi bola meski terjatuh. Saktiawan tiba-tiba bergerak cepat dari belakang dan menendang bola yang berada dibawa badan Diano sehingga mengenai pungung bek asal Brazil itu. Bek Thierry mencoba menegur tindakan ceroboh itu sehingga terlibat pertengkaran, wasit Jimmy kemudian menghadiahi Sakti kartu merah menit 29.

Keluarnya Saktiawan membuat SFC leluasa membombardir gawang Semen Padang, sehingga tercipta 4 gol lainnya. Dari Rudi Widodo, Budi Sudarsono, Ponaryo dan Korinus Fingkrew.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments