Piala Indonesia Beraroma Piala AFF

Ada yang baru dengan pagelaran Piala Indonesia (PI) edisi 2011. PT Liga Indonesia akan mengadopsi regulasi yang dipakai Piala AFF 2010. Dengan memberlakukan sistem home turnamen di babak 1 dan 2 selanjutnya home and away memasuki babak semifinal hingga final. Musim lalu, babak final digelar sekali ketemu.

SFC Mania


”Perubahan ini diharapkan bisa mengatrol euforia Piala Indonesia. Di setiap pertandingan akan dipenuhi penonton. Ini sebagaimana terjadi di final dan semifinal Piala AFF lalu,” ungkap CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono kemarin.

Selama ini, kata Joko, fanatisme suporter baru sebatas kepada klub kebanggaan saja. Imbasnya, babak semifinal dan final yang sebelumnya digelar di satu tempat jumlah penonton tidak maksimal. Dengan perubahan ini, setiap pertandingan penuh penonton dan secara otomatis akan memancing investasi lebih besar.

Adopsi regulasi Piala AFF tak hanya sebatas format pertandingan tapi juga penghapusan peringkat ketiga. Dengan demikian, Persik Kediri menjadi tim terakhir berstatus peringkat ketiga di PI. Musim lalu, tim berjuluk Macan Putih mendapat status ini setelah di perebutan tempat ketiga mengalahkan Persipura Jayapura 1-0.
”Dihilangkannya perebutan tempat ketiga diharapkan semakin menambah ketatnya persaingan menjadi juara. Karena mereka gak akan dapat status apa-apa selain juara dan runner up,” ungkapnya.

Joko mengatakan, peserta PI musim 2011 tak akan ada perubahan, tetap 32 tim. Rinciannya, masing-masing 15 klub dari Djarum Indonesia Super League (DISL) 2010/2011 dan Divisi Utama. Sisanya finalis Divisi I. Rencananya, kickoff akan dilakukan April.

Babak 16 besar dijadwalkan berakhir pada Juni atau awal Juli. Sementara babak delapan besar hingga final akan digeber September. Turnamen gak boleh melewati September karena akan berbenturan dengan pendaftaran klub ke Liga Champions Asia (LCA). Jika jatah untuk Indonesia tak berubah, juara PI akan mendapat jatah playoff LCA.

”Kami juga harus berbagi dengan jadwal putaran kedua DISL. Namun, kami jamin pertandingan gak akan melewati September karena ada kaitannya dengan pendaftaran klub ke even level Asia,” ucapnya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments