• Popon Cs All Out Lawan The Young Guns

    Sriwijaya FC dalam kondisi sulit saat menjamu Pelita Jaya pada lanjutan Liga Super Indonesia (ISL), di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (9/2) pukul 15.30. Laskar Wong Kito tanpa kapten Keith Kayamba Gumbs yang absen karena akumulasi. Posisinya diambilalih Ponaryo Astaman untuk memimpin rekan-rekannya bermain all out mengatasi perlawanan skuad The Young Guns julukan Pelita.
    SFC Mania

    Popon sapaannya menjadi pemegang tongkat komando untuk menjaga ritme permainan sekaligus mencari celah agar rekan-rekannya mampu mencetak gol. Beban lainnya adalah menjaga rekor tak terkalahkan ketika bermain di stadion Jakabaring. Sebab, pada putaran pertama musim ini SFC belum pernah terkalahkan di kandang.

    SFC memiliki rekor cukup berimbang ketika berhadapan dengan Pelita. Dari enam kali bertanding, Ferry Rotinsulu dkk menang tiga kali dan kalah tiga kali. Semua kemenangan diraih SFC ketika bermain di Gelora Jakabaring. Selain itu, Popon cs sedang dalam motivasi tinggi setelah menang telak 5-0 atas runner up sementara LSI Semen Padang.

    Namun, Pelatih Ivan Kolev justru khawatir anak-anak asuhnya kecolongan, sebab Pelita Jaya diisi para pemain muda. Kekalahan tim tamu dari Persib Bandung Minggu (6/2) lalu, akan membuat motivasi mereka menjadi berlipat ganda. Terlebih lagi, kekuatan Pelita dan SFC memang tidak jauh beda. “Hanya beda-beda tipis, justru saya khawatir Pelita akan tampil dengan spirit tinggi menghadapi SFC, makanya saya mempersiapkan pemain sebaik mungkin, termasuk siapa yang diturunkan setelah beberapa pemain mengalami cedera,” jelas mantan arsitek Persija Jakarta.

    Selain Gumbs sapaannya, gelandang serang Arif Suyono yang cedera paha juga absen, belum lagi kondisi Budi Sudarsono yang mengalami demam tinggi dan dipastikan harus istirahat total. Kemudian bek Thierry Gathuessi dan Claudiano Alves dos Santos juga mengalami cedera meski keduanya dipastikan bermain.

    “Inilah kondisi tim saat ini, tetapi masih ada pula pemain penggantinya. Karena kami memiliki 22 pemain lain yang siap bermain,” jelas pelatih Ivan Kolev usai latihan.

    Duet Korinus-Rudi Meski memiliki banyak stok pemain, lini depan dan belakang SFC sedikit bermasalah. Absennya Budi Sudarsono memaksa Kolev memaksimalkan tenaga Korinus Fingkrew untuk berpasangan dengan Rudi Widodo, sebab keduanya masing-masing mencetak satu gol saat menundukkan Semen Padang, Minggu (6/2) lalu.

    Sedangkan di posisi sayap kiri akan lowong setelah Kayamba menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Posisinya akan digantikan Rendy Siregar, setaleh Arif Suyono juga absen karena cedera. Kolev akan memaksimalkan Rendy sebagai tukang gedor di posisi sayap kiri dan Ridwan di posisi sayap kanan.

    Sedangkan untuk posisi tengah masih ada Ponaryo Astaman, Dirga Lasut. Untuk barisan belakang meski belum fit, Kolev memaksakan Claudiano Alves dos Santos dan Thierry Gathuessy di posisi sentral, sementara Supardi akan mengisi posisi bek sayap kanan dan Mahyadi Panggabean di posisi sayap kiri. Kalaupun Diano-Thierry absen, masih ada Ahmad Jufriyanto dan Bobby Satria yang siap tampil habis-habisan.

    Secara terpisah, Ponaryo Astaman pun optimis bisa memaksimalkan pertandingan lawan Pelita dan menjaga rekor kandang. Dia pun bertekad memperbaiki peringkat SFC yang sejauh ini berada di posisi tujuh dengan 17 poin dari 12 kali bertanding.”Ini kandang SFC dan ada pendukung yang akan memberikan dukungan. Kami harus konsentrasi dan bekerja keras menghadapi Pelita,” jelas Ponaryo.

    Secara terpisah, pelatih Pelita Jaya Misha Radovic optimis anak asunya bisa memetik tiga poin dalam lawatan di kandang Sriwijaya FC. Baginya, bermain di kandang lawan sekelas SFC akan sangat sulit dan memerlukan perjuangan berat. Tetapi dalam sebuah permainan tidak ada yang tidak mungkin. “Target saya para pemain muda bisa mendapatkan pengalaman menghadapi tim sekelas SFC dan jangan remehkan kami, karena para tenaga muda juga bisa membuat kejutan-kejutan,” ujarnya.

  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com