SFC Tak Mau Kalah Lagi

Persiwa Wamena bukanlah tim jawara. Saat ini, Badai Pegunungan (julukan Persiwa Wamena) baru berada di peringkat ke-5, tiga strip di atas Sriwijaya FC. Tapi jangan ditanya kehebatan Stadion Wamena, markas Persiwa. Musim ini belum satu pun tim yang mampu mencuri angka penuh.
SFC Mania

Dari tujuh laga yang dilakoni Persiwa hanya dua kali seri. Yakni saat ditahan imbang 1-1 oleh Persisam Putra Samarinda (20/10/10) dan ditahan imbang 0-0 oleh Persela Lamongan (31/10/10) lalu.

Sisanya, skuadra Suharno selalu menang. Seperti, saat unggul 4-2 atas Bontang FC (17/10/10), menang 2-0 atas Deltras Sidoarjo (3/11/10), mampu membungkam 2-0 atas Persija Jakarta (17/1), menang 2-0 atas PSPS Pekanbaru (20/1) dan terakhir mampu mempecundangi Persib Bandung dengan skor 3-0, (30/1) lalu.

Tapi, hal itu tak membuat Sriwijaya FC down saat bentrok dengan Persiwa, di Stadion Pendidikan, Wamena, pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL), sore nanti, (2/2). Tim double winner 2007 itu berambisi untuk memecahkn rekor sebagai tim pertama yang mampu menumbangkan Laskar Lembah Baliem (julukan lain Persiwa) di kandangnya sendiri.

“Untuk apa kami datang jauh-jauh ke Wamena kalau bukan untuk menang. Yang pasti, target kami minimal bisa memetik poin,” kata Direktur Teknik dan SDM, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM), Hendri Zainuddin, kemarin (1/2).

Hal senada juga diungkapkan pelatih Sriwijaya, Ivan Kolev. Tactician asal Bulgaria itu mengatakan, meski timnya berat untuk menjalani laga ini, tetap target curi poin menjadi harga mati. “Setiap pertandingan kami selalu ingin menang. Mudah-mudahan kami bisa memetik target itu,” ungkap mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Misi curi poin yang dipatok Sriwijaya ini cukup beralasan. Sebab, target ini dikejar untuk menaikkan posisi tim double winner 2007 itu di klasemen sementara yang masih bercokol di peringkat ke-8 dengan torehan 14 poin.

Bukan hanya itu, skuadra Ivan Kolev juga tak ingin pulang pada tur Papua musim ini dengan tangan hampa. Pasti, Keith Kayamba Gumbs dkk tak ingin malu tak membawa “oleh-oleh” saat pulang ke Palembang. Otomatis, target curi poin menjadi harga mati bagi Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC).

Kans untuk memetik poin terbuka bagi Laskar Sriwijaya. Mengingat, beberapa pemain yang sebelumnya cedera sudah diap tempur. Seperti, Ponaryo Astaman. Sehingga, kondisi ini bisa memudahkan coach Ivan Kolev untuk menerapkan strategi. Baik menyerang maupun bertahan.

Hadirnya Korinus Fingkreuw bisa menutupi hilangnya Rudi Widodo yang masih diragukan untuk turun lancaran masih dibekap cedera. Duet Keith Kayamba Gumbs, Budi Sodarsono, Korinus, dan Arif Suyono sepertinya masih menjadi andalan lini depan.

Kemudian, lini tengah kemungkinan besar masih diisi oleh sang empu Ponaryo Astaman dan Dirga Lasut yang menggantikan Firman Utina yang masih dibekab cedera. Sedangkan lini belakang duet Thierry Gathuessi dan Claudiano Alves Do Santos bakal menjadi benteng kokoh Sriwijaya.

Tapi, meski full power tak menjadi jaminan permainan Sriwijaya bakal sesuai dengan skenario. Pasalnya, Ponaryo Astaman dkk sedang dalam keadaan kelelahan. Setelah menjalani penerbangan dari Papua ke Wamena. Dan baru menjalani tur berat melawan Persipura, (30/1) lalu. Berbeda dengan Persiwa yang sudah terbiasa dengan kondisi suhu serta tak harus menjalani perjalanan panjang.

Begitu juga soal motivasi. Persiwa jauh lebih besar, setelah sukses menang 3-0 atas Persib Bandung (30/1) lalu. Sedangkan Sriwijaya tumbang 2-3 dari Persipura, (30/1). Jelas, ini bakal menjadi momok bagi Sriwijaya FC.

Sementara, Persiwa Wamena berambisi meraup poin penuh saat menjamu Sriwijaya FC nanti. Target ini diusung demi mempertahankan rekornya sebagai tim yang tak terkalahkan di kandang.

Menurut Asisten Manajer Persiwa, Agus Santoso, motivasi Ishak Konon dkk sedang dalam dua ratus persen. “Apalagi, setelah menang 3-0 atas Persib Bandung lalu. Kami akan mengulanginya saat melawan Sriwijaya nanti. Kami ingin, tetap menjaga rekor kami sebagai tim tak terkalahkan di kandang,” ujar Agus Santoso. (mg43)

Head to head Persiwa v Sriwijaya FC
5/11/10: Sriwijaya FC v Persiwa: 2-0 (IIC)
2/4/10: Sriwijaya FC v Persiwa: 4-1 (ISL)
29/11/09: Persiwa v Sriwijaya FC: 3-0 (ISL)
6/6/09: Persiwa v Sriwijaya FC: 1- 0 (ISL)
18/7/08: Sriwijaya FC v Persiwa: 3-1 (ISL)

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments