Sriwijaya FC Minta Keringanan Jadwal

Banyaknya kompetisi yang diikuti Sriwijaya FC (SFC) seperti putaran kedua Djarum Indonesia Super League (ISL), Piala Indonesia, dan AFC Cup membuat klub kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) ini berharap agar PT Liga Indonesia (PT LI) dan PSSI bisa lebih lunak dalam mengatur jadwal.
SFC Mania

Apalagi, ketiga event tersebut secara berbarengan akan dimulai Maret mendatang. Dengan demikian, dikhawatirkan akan menguras tenaga dan energi para pemain seperti yang terjadi pada putaran pertama lalu. Jika ini kembali terjadi, dapat dipastikan Laskar Wong Kito dan klub lain seperti Arema FC yang berlaga di Liga Champions Asia (LCA), dan Persipura di AFC Cup, tidak akan maksimal dalam melambungkan nama Indonesia di kawasan Asia.

Pelatih SFC Ivan Kolev menegaskan, akibat padatnya jadwal kompetisi domestik membuat armadanya saat ini mengalami krisis pemain. Meskipun para pemain yang cedera telah pulih, pria asal Bulgaria itu mengaku tidak mudah mengembalikan performa pemain dalam waktu yang singkat. ’’Butuh waktu cukup lama lagi agar seorang pemain bisa menunjukkan kualitas dan permainan terbaiknya. Apalagi, jika dia telah absen cukup lama seperti Firman Utina dan pemain lain,” katanya.

Untuk menyiasatinya, pada masa jeda kompetisi ini Kolev telah meminta kepada manajemen Laskar Wong Kito agar menambah pemain baru dan mendepak pemain yang tidak memberikan kontribusi bagi tim. ’’Kami butuh pemain lebih banyak karena event yang diikuti ada tiga. Pasti fisik pemain akan terkuras. Belum lagi kalau ada yang cedera. Jadi, kami perlu pemain pelapis yang kualitasnya tidak jauh beda dengan pemain inti,” tuturnya.

Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin pun memahami keluhan Kolev. Padatnya jadwal memang membuat SFC sempoyongan. ’’Karena padatnya jadwal di ISL, setiap tiga hari sekali kami harus bertanding. Kondisi ini menyebabkan pemain kami minim recovery. Akibatnya, kami babak belur oleh Al Ain saat final play-offLCA. Apalagi, nanti jika Piala Indonesia sudah digelar,” ungkap Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainuddin.

Karena itu, Hendri berharap agar PT Liga Indonesia bisa berbesar hati dan memberikan jadwal yang tidak mencekik SFC. ’’Kami hanya berharap agar PT Liga Indonesia bisa merevisi serta meringankan jadwal kami saat akan bertanding di AFC Cup. Karena di AFC Cup kami tidak hanya membawa nama Sumsel tetapi sudah membawa nama bangsa Indonesia,” katanya. Hendri yakin, jika jadwal pertandingan SFC bersahabat, maka target menembus semifinal AFC Cup 2011 bisa diwujudkan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments