• Tetap Optimis Mampu Tunjukkan Persijap

    Duel Sriwijaya FC dengan Persijap Jepara, pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL), di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok (16/2) bakal tak maksimal. Pasalnya, kedua tim sama-sama dalam kondisi kelelahan. Untuk Sriwijaya sendiri harus menjalani 10 laga selama satu bulan. Terakhir, tim juara double winner 2007 itu melawan Muangthong United (Thailand) pada laga playoff Liga Champions Asia (LCA) (12/2) lalu dengan melakoni 120 menit. Jelas kondisi ini sangat menguras fisik Ponaryo Astaman dkk.

    SFC Mania


    Begitu juga dengan Persijap Jepara. Tim asuhan Suimin Diharja ini juga dalam kondisi yang tak sebenarnya. Pasalnya, Laskar Kalinyamat (julukan Persijap) baru saja melakoni laga berat. yakni melawan Persib Bandung (13/2) lalu.

    “Sudah saya katakan pada hari sebelumnya. Kelelahan sangat berpengaruh dengan tim kami. Setelah menjalani jadwal pertandingan yang sangat padat. Ini sungguh gila,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Venkov Kolev, usai latihan kemarin (14/2).

    Tapi, kondisi itu bakal segera dilupakan Keith Kayamba Gumbs dkk. Pasalnya, skuadra Ivan kolev bakal bermain mati-matian pada laga ini. Sebab, bentrok kali ini merupakan laga terakhir putaran pertama ISL bagi Sriwijaya. “Kami ingin memberikan hasil yang baik pada laga ini. Kemenangan pasti menjadi harga mati bagi kami. Terpenting anak-anak mempersiapkan pertandingan ini dengan serius,” lanjutnya.

    Laskar Sriwijaya sendiri mempunyai kans untuk memuluskan misinya. Menyusul, tim juara double winner pra musim ini belum terkalahkan saat bermain di kandang sendiri. Ya, dari 6 laga yang dijalani Sriwijaya, hanya satu mendapatkan hasil seri. Yakni ditahan imbang 1-1 oleh Arema FC (26/1). Sisanya, selalu menang.

    Bukan hanya itu, dari head to head Sriwijaya juga lebih unggul dibandingkan Persijap. Dari lima kali bentrok, tim juara Piala Indonesia (PI) tiga kali berturut-turut itu belum pernah kalah. Yakni dua kali imbang. Saat mampu menahan 2-2 pada laga ISL (5/3/09) dan imbang 1-1 pada laga ISL (1/4/10) lalu. Sisanya Sriwijaya menang. Setelah mampu menang 2-0 pada laga PI (20/6/09), unggul 3-1 pada laga PI (24/6/09), dan terakhir menang 4-0 pada laga lanjutan ISL (6/12/09) lalu.

    Modal lain Sriwijaya yakni dari tiga laga terakhir, skuadra Ivan Kolev selalu menang. Setelah unggul 5-0 atas Semen Padang pada laga lanjutan ISL (6/2), menang 2-1 atas Pelita Jaya (9/2) dan terakhir menang 9-8 atas Muangthong United lewat adu penalti.

    Berbanding terbalik dengan Persijap yang selalu kalah dalam tiga laga terakhir. Setelah tumbang 0-5 dari PSPS Pekanbaru (26/1), keok 0-3 dari Persija Jakarta (29/1), dan terakhir kalah 1-4 dari Persib Bandung (13/2) lalu.

    Jelas, dengan kondisi ini bakal menjadi motivasi tersendiri bagi Keith Kayamba Gumbs dkk. Terlebih mereka bakal mendapat dukungan langsung dari ribuan suporter fanatiknya.

    Tapi, meski demikian Sriwijaya tak mau jumawa. Coach Ivan Kolev terus menginstruksikan anak asuhnya untuk tetap fokus dan memaksimalkan laga terakhir nanti. “Persijap merupakan tim yang kuat. Banyak pemain muda yang mempunyai spirit tinggi. Jadi, kami tidak boleh meremehkannya,” pungkas mantan arsitek Timnas Indonesia itu.

    Sementara, Persijap datang ke Palembang membawa optimisme tinggi. Meski dalam keadaan kelelahan, skuadra Suimin Diharja tetap optimis mampu memetik poin pada laga terakhir putaran pertama musim ini. “Setiap pertandingan target pasti menang. Memang kami harus realistis melihat komposisi pemain yang jauh di bawah Sriwijaya. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin. Terpenting kami harus optimis mampu memenuhi target,” kata pelatih Persijap, Suimin Diharja, saat ditemui di Hotel Duta Palembang, kemarin (14/2).

    Persijap sendiri membawa 18 pemain ke Palembang. “Dari 18 pemain yang kami bawa, satu pemain dipastikan tak bisa turun lantaran akumulasi kartu kuning. Sedangkan dua pemain lainnya masih dalam tahap penyembuhan,” pungkasnya. (mg43)

    Head to head
    1 April 2010: Persijap v Sriwijaya FC: 1-1 (ISL)
    6 Des 2009: Sriwijaya FC v Persijap: 4-0 (ISL)
    24 Juni 2009: Sriwijaya FC v Persijap: 3-1 (PI)
    20 Juni 2009: Persijap v Sriwijaya FC: 0-2 (PI)
    5 Maret 2009: Persijap v Sriwijaya FC: 2-2 (ISL)
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com