• Tur Ke Papua Tanpa Poin

    Sriwijaya FC gagal memenuhi ambisi untuk memetik poin pada tur Papua musim ini. Pasalnya, setelah kalah 2-3 dari Persipura Jaya Pura (30/1) lalu. Kini tim berjuluk Laskar Wong Kito itu kembali menelan pil pahit pada tur Papua terakhir setelah ditumbangkan Persiwa dengan skor 2-0 (0-0) di Stadion Pendidikan, Wamena, kemarin (2/2).
    SFC Mania

    “Saya kecewa dengan hasil ini. Pemain mulai hilang konsentrasi pada babak kedua. Dan tim lawan memanfaatkan kelengahan yang kami lakukan. Tapi, pemain sudah bekerja keras dan saya berterimakasih kepada mereka,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev, kemarin (2/2).

    Wajar bila coach Ivan Kolev sangat mengeluhkan kekalahan ini. Sebab, Sriwijaya kalah pada kondisi tidak sebenarnya. Pasalnya, selain dikeluhkan dengan kondisi lapangan yang tidak memenuhi standar yang telah ditentukan, Keith Kayamba Gumbs dkk harus melawan dinginnya suhu di Persiwa.

    Belum lagi, skuadra Ivan Kolev harus bertanding malam hari dan disertai guyuran hujan deras sejak peluit kickoff dibunyikan. Pasti, kondisi ini menurunkan konsentrasi dan tenaga Ponaryo Astaman dkk. “Kondisi lapangan ganggu tim, bagaimana bisa bermain bagus kalau lapangannya begini, ini memalukan sepak bola Indonesia,” jelasnya.

    Sebenarnya Sriwijaya sendiri mampu mengibangi permainan Badai Pegunungan (julukan Persiwa) hingga turun minum. Meski menerapkan pola menyerang, tim double winner 2007 itu mampu menahan 0-0 hingga jeda.

    Tapi, petaka datang pada babak kedua. Pertandingan baru memasuki menit ke-47, gawang Sriwijaya harus kebobolan. Setelah, penyerang Persiwa, Ferdinand Sinaga mampu menciptakan gol setelah mendapat umpan serangan balik. Skor 1-0 untuk Persiwa.

    Unggul satu gol, membuat tuan rumah terus memberikan tekanan. Memanfaatkan kelengahan dan kelelahan Sriwijaya, Badai Pegunungan terus melancarkan serangan. Alhasil, skuadra Suharno mampu menambah pundi-pundi golnya. Setelah, tendangan penyerang andalannya, Erick Weeks Lewis mampu membobol gawang Sriwijaya setelah memanfaatkan bola kemelut di luar kotak 16 pas. Skor 2-0 untuk Persiwa hingga laga usai.

    Hasil buruk ini menambah rentetan Sriwijaya tumbang di kandang Persiwa. Sebelumnya tim double winner 2007 itu harus tumbang 1-0 pada laga lanjutan ISL, (6/6/09) kemudian terakhir keok 3-0 pada laga lanjutan ISL, (29/11/09) lalu.

    Bahkan belum pernah menang di kandang Persiwa, kekalahan ini juga menambah rekor kekalahan Sriwijaya saat bermain di laga away. Ya, dari delapan laga yang telah dijalani, tim juara Piala Indonesia (PI) tiga kali berturut-turut ini hanya mampu mengoleksi dua kali menang, yakni unggul 1-0 atas PSPS (30/10/10), menang 3-2 atas Bontang FC (19/1) dan seri 0-0 dari Persija (3/11/10). Sedangkan sisanya selalu kalah.

    Meski kalah atas Persiwa, hasil ini tak mengubah posisi Laskar Sriwijaya di klasemen sementara. Tim asuhan Ivan Kolev ini tetap berada di peringkat ke-8 dengan torehan 14 poin dari 11 laga yang telah dijalani. Terdiri 4 kali menang, 2 kali seri dan 5 kali kalah.

    Laskar Sriwijaya sendiri langsung fokus pada pertandingan selanjutnya. Yakni, melawan Semen Padang, Minggu 6 Februari nanti di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. “Kami akan langsung pulang. Kemungkinan besok (hari ini, red) kami bertolak ke Palembang. Sebab, kami harus mempersiapkan diri menghadapi pertandingan selanjutnya,” kata Direkur Teknik dan SDM, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM), Hendri Zainuddin.

    Sementara, bagi Persiwa, kemenangan ini semakin membuktikan dirinya sebagai tim yang belum terkalahkan saat bermain di kandang. Bukan hanya itu, hasil tiga poin ini juga sekaligus mendongkrak satu strip ke peringkat empat. Menggeser Arema FC dengan torehan 21 poin dari 13 laga. Terdiri 6 kali menang, 3 kali seri dan 4 kali kalah.

    “Kami bersyukur dengan hasil ini. Anak-anak mampu bekerja keras untuk mewujudkan kemenangan. Kami mampu memanfaatkan kelelahan yang dialami Sriwijaya. Dan hasil ini sekaligus menambah rekor kami tak terkalahkan di kandang,” kata Asisten Manajer Persiwa, Agus Santoso.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com