• Atraksi Mesin Gol

    Perjamuan Sriwijaya FC atas Persipura Jayapura pada putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2010/2011, di stadion Gelora Jakabaring, Rabu (23/3), menjadi sajian menarik karena mempengaruhi peringkat di klasemen sementara. Persaingan sengit ini sebagai atraksi para gelandang dan striker yang berperan sebagai mesin gol kedua tim.
    Sriwijaya FC


    Playmaker Persipura Zah Rahan Krangar dan Kim Yong Hee akan beradu cerdas dalam merancang serangan-serangan bagi tim. Zah menjadi andalan tim Mutiara Hitam untuk menjadi momok lini tengah SFC. Ia pun sudah mencetak 5 gol musim ini. Sementara Kim pun tidak kalah apik ketika membawa SFC membekuk Persiwa 2-1, Minggu (20/2).

    Peranan keduanya sangat sentral, tidak hanya bertugas mencari bola, merancang serangan, dan memberi assist, tetapi juga berperan menjadi mesin gol. Hanya saja, Kim belum mencetak gol untuk Laskar Wong Kito.

    Selain pertarungan antara Kim versus Zah, persaingan dua mesin gol terjadi antara Keith Jerome Kayamba Gumbs dan Boaz T Salossa. Gelontoran gol dari kedua nya mempengaruhi permainan tim dan menentukan hasil akhir.

    Tentang peranan Kayamba, tidak ada yang menyangkal kemampuannya dalam menjebol gawang lawan. Striker 38 tahun ini, diandalkan dalam tiga musim terakhir. Satu golnya saat menghadapi tuan rumah TSW Pegasus Hongkong di ajang Asian Football Confederation (AFC) Cup, Selasa (15/3) itu, menjadi motivasi sang kapten. Musim ini, Kayamba mencetak 7 gol untuk tim dari 17 kali penampilannya. Koleksi gol ini akan terus bertambah asalkan sang kapten selalu bugar. Musim lalu, suami Laurencia ini, menjadi top skorer SFC dengan 14 gol dari 33 pertandingan.

    Direktur Teknik dan SDM PT SOM, Hendri Zainudin mengatakan, Kayamba adalah ruh permainan SFC di lini depan. Sebagai pemain senior dan berpengalaman, mantan pemain Hull City ini, selalu tampil tanpa kenal lelah dan menyerah.

    “Lawan Persipura kita akan tampil full team, Kayamba akan memimpin rekan-rekannya untuk meraih kemenangan,” jelas Hendri.

    Jika Kayamba menjadi ruh sekaligus striker haus gol, Boaz justru lebih produktif. Ikon Persipura ini, selalu setia untuk Mutiara Hitam. Total musim ini dia sudah mencetak 16 gol dari 16 penampilannya, sehingga memimpin top skorer saat ini. Sedangkan musim lalu Boaz menyumbang 19 gol dari 31 penampilannya. Boaz tidak hanya menunggu bola untuk mencetak gol, tetapi dia tipe striker modern yang kerap turun hingga ke bawah untuk mengejar dan mencari bola. Bahkan dia juga bisa memberi umpan-umpan matang.

    Selain menjadi atraksi Gumbs dan Boaz, barisan penyerang SFC lainnya pun turut menjadi perhatian, karena mereka adalah mesin gol tim. Sebut saja Budi Sudarsono yang mencetak 6 gol, kemudian Supardi dan Claudiano 2 gol, Arif Suyono 1 gol. Mereka berfungsi ganda, selain bertanggung jawab pada areal masing-masing, tetapi bisa membobol gawang lawan. Namun barisan mesin gol SFC masih kalah produktivitas dibandingkan Persipura yang dihuni Boaz, Ian Kabes 6 gol, Lukas Mandowen 5 gol, Yustinus Pae 6, Rahmat Rivai 2 gol, serta sederet penyerang lainnya yang juga haus gol.

    Hendri mengatakan, SFC tengah mengejar ketertinggalan poin. Gumbs cs yang kini mengantongi 26 poin, masih tertahan di posisi 7 atau terpaut jauh dari pemuncak klasemen Persipura dengan 38 poin. Kemudian peringkat dua Persija 32 poin, dan PS Semen Padang dengan 32 poin.

    Peringkat 4, Persisam Putra Samarinda mengantongi nilai 29, diikuti Persiwa Wamena poin 27, Arema dengan 26 poin.

    Artinya poin pada tim-tim peringkat empat hingga ke bawah tidak terpaut jauh, jika tim asuhan coach Ivan Kolev mampu mengalahkan Persipura, maka selisih hanya terpaut satu poin.

    Pelatih Persipura, Jaksen F Tiago akan menurunkan tim terbaik untuk menghadapi Gumbs cs, sebab Jaksen tahu SFC mulai bangkit, apalagi dia mendengar beberapa pemain sudah mulai sembuh dari cedera.

    ”Kami akan menjajal lapangan Selasa (22/3) pagi” ujarnya. Persipura tiba di Palembang membawa 24 pemain dan menginap di Hotel Sanjaya.

  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com