Pengalaman Kayamba di Hong Kong Jadi Asa Kolev

Bisa apa Sriwijaya FC (SFC) tanpa Kayamba? Mungkin pertanyaan ini benar adanya jika dikaitkan dengan performa klub berjuluk Laskar Wong Kito sekarang.Sebab,pemain bernama lengkap Keith Jerome Gumbs itu adalah solusi SFC.
Sriwijaya FC


Usia Kayamba dua tahun lagi memasuki kepala empat,tapi kualitasnya tak diragukan sebagai juru gedor.Di kompetisi domestik,bek lawan jika tak mengawasi striker berpaspor St Kitt n Nevis itu,malapetaka akan dirasakan mereka. Bukti terakhir saat Kayamba mencetak gol ke gawang Semen Padang (SP).Meski SFC akhirnya kalah melalui gol Vendry Mofu pada menit akhir pertandingan,aksi Kayamba plus sumbangan poin untuk klubnya membuat SP sempat khawatir. Musim ini SFC tak hanya main di level nasional,tapi juga bertarung di kancah Asia.

Kondisi itu juga sudah dilakukan Laskar Wong Kitodua musim sebelumnya.Selain di Liga Champions Asia (LCA) 2009,SFC juga bertarung pada di Piala AFC 2010. Pada dua agenda itu,Kayamba menjadi andalan SFC.Tugas itu sama seperti dengan yang harus dijalankan pada Piala AFC 2011. Apalagi,badai cedera yang dialami para pemain SFC membuat Kayamba sebagai kapten sekaligus penyerang utama harus selalu maksimal. Setelah di luar dugaan hanya bermain imbang di kandang saat menjamu klub Maladewa VB Sports,SFC akan menjalani tur ke Hong Kong.

Kayamba dkk bakal melakoni laga kedua Grup F Piala AFC 2011 pekan depan di markas TSW Pegasus. Pengalaman Kayamba bermain di Hong Kong selama enam musim di negeri bekas koloni Inggris pun bakal dimaksimalkan.Pada musim 2001 sampai 2003 Kayamba membela salah satu klub elite negara itu,Happy Valley. Setelah melanjutkan karier di Malaysia dengan Sabah FA,pada 2004 ayah dua anak ini kembali ke Hong Kong.Kayamba pun memperkuat Kitchee FC.Bersama klub yang juga pernah dibela striker Indonesia Rochi Putiray ini,Kayamba bermain sampai 2007. Lalu,selepas itu suami wanita Australia ini berkelana ke Palembang dan membela SFC.

”Banyaknya pengalaman yang dimiliki Kayamba selama merumput di Hong Kong, diharapkan dapat membantu tim dalam menghadapi Pegasus.Saya sudah banyak melakukan komunikasi dengannya untuk membicarakan mengenai kesiapan tim,”kata Pelatih SFC Ivan Venkov Kolev. Sementara itu,meskipun mengaku kondisi fisiknya belum fit akibat cedera,Kayamba siap menjalankan tugas dengan maksimal. Terlebih SFC harus minimal mencuri satu poin pada laga ini.

”Kalau saya selalu siap melawan tim mana pun.Hanya belum pulihnya cedera yang saya alami,membuat penampilan di lapangan kurang maksimal.Untuk itu,saya sangat berharap dukungan dari seluruh pendukung SFC agar kami meraih hasil terbaik,” tandasnya

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments