FIFA Tolak Nurdin dan 3 Calon Ketum PSSI

Ternyata bukan hanya Nurdin Halid yang tak direstui Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) untuk menjadi Ketua Umum PSSI. FIFA juga menetapkan tiga kandidat lain untuk juga tidak mengikuti proses pemilihan. Mereka adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta, Arifin Panigoro, dan Nirwan Dermawan Bakrie.

Sriwijaya FC


Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie merupakan dua calon yang sudah dinyatakan lulus verifikasi oleh Komite Pemilihan PSSI. Sedangkan Arifin dan George diputuskan tak lolos. Mereka lalu mengajukan banding, tapi ditolak oleh Komite Banding, yang juga memutuskan untuk menganulir keputusan Komite Pemilihan yang telah meloloskan Nurdin dan Nirwan. Alhasil, secara formal, keempat calon dinyatakan gugur.

Sikap FIFA tersebut diungkapkan Ketua Umum KON/KOI (Komite Olah Raga Nasional/Komite Olimpiade Indonesia) Rita Subowo setelah bertemu Presiden FIFA Joseph 'Sepp' Blatter, Selasa, 8 Maret 2011, di Swiss. Sebelumnya, Blatter lebih dulu berbicara dengan Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Djoko Susilo.

"Nanti akan ada surat resmi dari FIFA. Mereka menindaklanjuti hasil keputusan Komite Banding PSSI yang memutuskan menolak banding Arifin Panigoro dan George Toisutta, dan menganulir dicalonkannya Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie," kata Rita.

Selain itu, tambah Rita, FIFA juga memberi PSSI tenggat waktu sebulan untuk membereskan masalah Liga Primer Indonesia (LPI). LPI lahir sebagai liga tandingan dari Liga Super Indonesia (LSI) yang diakui PSSI. "Besok kalau saya pulang ke Jakarta saya beberkan semua. Tadi saya menghadap Sepp Blatter sendirian,” ungkap Rita.

Menurut Rita lagi, sebelum 26 Maret PSSI harus menggelar kongres pendahuluan untuk membentuk Komisi Pemilihan yang selanjutnya akan menggelar kongres sebelum 30 April. FIFA juga menegaskan bahwa semua proses kongres harus mengacu pada Statuta FIFA. Menurut Rita, dengan keputusan FIFA ini, berarti bursa calon Ketua Umum PSSI nanti akan diisi nama calon-calon baru.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments