Kolev Tetap Optimis

Meski baru saja mengalami dua kekalahan lawan Pelita Jaya 0-1, Sabtu (5/3) dan lawan Semen Padang 1-2 pada Selasa (8/3) pelatih Sriwijaya FC Ivan Kolev tetap optimis bisa mengejar pemuncak klasemen Persipura pada putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI).
Sriwijaya FC

Ia membantah mengaku menyerah karena SFC masih memiliki 8 laga home (kandang) dan 4 away (tandang) yang akan dimaksimalkan.

Demikian disampaikan pelatih Ivan Kolev melalui Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainudin Rabu (9/3).

Melalui Hendri, Kolev mengaku tidak pernah mengucapkan kata-kata menyerah dalam perburuan gelar juara LSI. Hanya saja, dengan dua kekalahan yang dialami timnya, memang cukup berat bagi SFC untuk mengejar Persipura.

“Kolev tidak pernah mengucapkan kata-kata menyerah mengejar Persipura dan target juara. Kami manajemen juga tidak pernah lempar handuk atau menyerah mengejar target Juara, karena menurut kami masih banyak kesempatan untuk mengejar Persipura,” kata Hendri Zainudin.

Menurut Hendri, Kolev cukup terganggu dengan adanya kabar bahwa dia sudah menyerah mengejar gelar juara sebab hal itu tidak baik bagi kondisi psikologis pemain dan tim secara keseluruhan.

Gelar Jumpa Pers Untuk itu, Kolev dan manajemen akan segera menggelar jumpa pers untuk meluruskan kabar simpang siur tentang komentarnya yang mengaku menyerah mengejar target juara LSI.

“Kolev mengatakan tidak pernah mengucapkan itu, makanya dia akan menggelar jumpa pers sebelum menggelar latihan pada Kamis (10/3) nanti,” urai Hendri.

Meski Kolev tetap optimis dan membantah tentang kabar bahwa dia mengaku menyerah, namun peluang SFC untuk mengejar Persipura yang kini mengantongi 35 poin dari 15 kali bertanding memang cukup berat. Sebab kekalahan dari Pelita dan Semen Padang, setidaknya membuat SFC kehilangan 6 poin.

SFC kini berada di urutan ke-7 klasemen dengan mengantongi nilai 23 poin dari 16 kali bertanding dengan menyisakan 12 laga sisa. Gumbs dkk masih memiliki 8 laga kandang atau lebih banyak dari Persipura yang memiliki 7 laga kandang.

Jika ingin terus memepet Persipura dan menjaga peluang, SFC harus menyapu bersih 8 laga kandang dengan asumsi mengantongi 24 poin, sehingga total 47 poin yang dimiliki SFC di akhir musim.

Namun memaksimalkan 8 laga kandang itu tidak cukup untuk mengejar Persipura yang tampaknya melaju sangat kencang. Boaz cs baru saja membantai Arema dengan skor 6-1 pada laga pembuka putaran kedua dan masih mengantongi 6 laga kandang sisa atau dengan asumsi mengantongi tambahan 18 poin. Jika berjalan dengan mulus, Persipura akan mengantongi total 53 poin.

“Caranya kita harus memaksimalkan empat laga tandang untuk mengejar Persipura, apalagi kondisi tim sejauh ini semakin solid,” ujar Hendri.

Revisi Target Lantas bagaimana jika kemudian Persipura juga mampu mencuri poin di laga tandang? Hendri mengatakan, sebagai pelatih Kolev tidak akan menyerah. Jika kemudian target juara tidak tercapai, masih ada target realistis yakni mengejar runner up.

“Kita revisi target, tetapi tetap mengejar kesempatan yang ada, karena dalam sebuah kompetisi apapun bisa saja terjadi,” urai Hendri.

Menurut anggota DPRD Banyuasin ini, pihaknya tetap mengejar target semifinal di AFC dan mempertahankan gelar Piala Indonesia.

“Pokoknya dalam kompetisi ini tidak ada kata menyerah bagi kami semua. Pemain pelatih atau manajemen tetap akan bekerja keras mengejar target,” jelas Hendri.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments