Mengejar Angka

Persaingan menuju tangga juara Djarum Indonesia Super League (DISL) 2010-2011 kembali memanas. Setelah rehat dua pekan, kontestan kasta tertinggi kompetisi di Indonesia itu bakal saling jegal mulai besok. Untuk memenangkan trofi, penguasa klasemen wajib memenuhi poin minimal 60.
SFC Mania

Direktur Teknik Sriwijaya FC Hendri Zainuddin mengatakan, untuk mengejar nilai minimal Pelatih Ivan Kolev harus memanfaatkan laga kandang. Poin di delapan laga kandang di putaran dua harus disikat habis. Selanjutnya merampok poin di enam laga tandang.

"Sebenarnya susah prediksi angka peluang juara karena banyak tim lakukan perubahan. Namun, angka aman juara kemungkinan sekitar 60 sampai 65 poin. Kami targetkan menambah minimal 30 poin dan maksimal 37 angka di putaran kedua ini. Kami yakin bisa dimulai dari lawan Pelita Jaya besok," ujar Hendri di Hotel Sahid Jakarta, kemarin (3/3).

Melihat rapor di putaran pertama, Sriwijaya FC (SFC) tak kesulitan menambah 24 poin dari 8 laga home. Masalahnya, tren laga tandang Kayamba Gumbs dkk buruk. Dari delapan kali main, tim berjuluk Laskar Wong Kito hanya mampu menang dua kali, seri sekali dan kalah lima kali. Statistik itu menempatkan SFC dirutan keenam dengan 23 poin.

Namun, kondisi itu bisa berubah menyusul perubahan yang dilakuakn di bursa transfer window 2. Dengan membuang Park Jung Jhwan dan Yong Jie Mu, SFC menambah amunisi seperti Kim Yong Hee, Lim Joon Sik, dan Jajang Mulyana. Itu belum termasuk pemain yang masuk di tengah jalan akibat klubnya masuk Liga Primer Indonesia macam Korinus Fingkruew dan Rudi Widodo.

"Saingan kami jadi juara hanya Persipura Jayapura dan Arema Malang. Asalkan Persipura banyak tumbang kami yakin bisa. Sementara Persija gak masuk hitungan," ujarnya. Persipura tutup persaingan putaran pertama dengan kuasai klasemen bermodalkan 32 poin.

Di putaran kedua, Mutiara Hitam sisakan enam home dan delapan away. Sementara Arema yang duduk di posisi runner up dengan 26 angka sisakan delapan laga home dan enam away. Namun, Persija yang gak masuk itungan Hendri siap bikin kejutan.

Pelatih Persija Rahmad Darmawan mengatakan, dengan modal 26 poin di akhir putaran pertama, timnya hanya butuh 34 poin untuk dekati angka minimal juara. Sementara tim asal Ibu Kota itu menyisakan laga sama dengan Sriwijaya FC. "Angka pasti untuk juara memang belum pasti, tapi kemungkinan antara 60 sampai 65 poin. Kami tetap optimistis keluar sebagai juara karena diuntungkan dengan jumlah laga home lebih banyak dari away. Tapi kami tetap butuh fighting spirit untuk wujudkan misi itu," tukas Rahmad kemarin.

Dikatakan CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono, enam tim teratas memang masih berpeluang memanaskan persaingan juara. Peluang terbesar dimiliki Persipura karena dianggap permainnya stabil. Sementara Arema dan Persija bisa mengganggu. Sedangkan Semen Padang, Persisam, dan Sriwijaya FC bisa berpeluang menyodok ke atas.

Distribusi Hadiah*)
Status Hadiah
Juara Rp2,5 Miliar
Runner Up Rp1,5 Miliar
Urutan 3 Rp750 Juta
Urutan 4-6 Rp350 Juta
Urutan 7-12 Rp300 Juta
Urutan 13-15 Rp250 Juta
*) Catatan : Hadiah musim lalu hanya diberikan kepada juara dan runner up.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments