Piala Indonesia 2011 MULAI MEI

Piala Indonesia (PI) 2011 dipastikan segera digelar. PT Liga Indonesia (Liga) mengagendakan drawing ajang ini akan digelar pada pertengahan bulan depan.
Sriwijaya FC


Klub yang lolos ke babak 8 besar PI 2010 ditempatkan sebagai unggulan.CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono menyatakan drawingPI akan dilakukan pertengahan April.Sebelum drawingdilakukan,Liga akan menggelar technical meeting terlebih dulu. Sebab,banyak hal yang harus dibicarakan dengan klub peserta.Rapat ini terkait perkembangan proses suksesi kepengurusan PSSI.”Rencananya drawing PI akan dilakukan pertengahan bulan depan,”kata Joko,kemarin.

”Tapi,sebelumnya kami harus menggelar pertemuan teknik dengan peserta.Hal ini terkait dengan perkembangan organisasi.Fokus klub ada di kongres PSSI.Kami berharap klub tidak mengabaikan effort PI,”lanjutnya. Sedikitnya 32 klub akan menjalani persaingan di PI 2011.Rinciannya,15 klub berasal dari Indonesia Super League (ISL) dan Divisi Utama 2010/2011.Lalu,sisanya berasal dari finalis Divisi I. Penambahan kuota saat diberikan kepada klub Divisi Utama.Efek mundurnya tiga kontestan ISL 2010/2011.

PSM Makassar,Persema Malang,serta Persibo Bojonegoro kini sudah berganti kompetisi dan bergabung dengan Liga Primer Indonesia (LPI). ”Kami tidak ingin mengecewakan sponsor yang sudah berinvestasi.Tapi, kami juga berharap kongres berjalan lancar.Nanti semuanya akan dibicarakan saat bertemu mereka,”tutur Joko.

Setelah menggelar drawing,babak 32 besar PI akan dimulai 13–24 Mei.Sistem yang digunakan tetap home tournament. Sistem tersebut sudah berlaku pada PI musim lalu dengan venuePalembang, Lamongan,Karawang,Kediri,Malang, Surabaya,Samarinda,dan Jayapura. Status serupa masih berlaku pada babak 16 besar dengan tuan rumah Palembang,Surabaya,Malang,dan Jayapura.

Babak 16 besar PI 2011 direncanakan digelar Juni sampai Juli,lalu fase knock-outdilaksanakan September. ”Tata waktu pelaksanaan tidak mengalami perubahan.Saat ini kami sedang mempertimbangkan sistem seeded,” ungkapnya. Joko mengatakan,tim unggulan babak 32 besar PI 2011 secara umum mengacu pada babak 8 besar musim lalu.Mengacu pada babak 8 besar PI 2010,Pelita Jaya, Persipura Jayapura,Sriwijaya FC, Persebaya Surabaya,Persija Jakarta, Persik Kediri,Arema Malang,dan Persib Bandung berpeluang sebagai tim unggulan.

Saat itu Persija lolos ke babak 8 besar dengan status juara Grup J babak 16 besar. Klub berjuluk Macan Kemayoranotu mengumpulkan nilai tujuh atau unggul dua angka atas runner-up Sriwijaya FC (SFC). ”Seededdiambil dari tim yang sebelumnya masuk ke babak 8 besar.Posisi itu berpengaruh terhadap status tuan rumah.Nantinya klub bisa mengajukan bidding tuan rumah saat drawing.Namun, kami tetap mempertimbangkan aspek geografis dalam menetapkan venue,”lanjut pria asal Ngawi ini.

Wilayah Indonesia yang luas membuat Liga harus cermat dalam menetapkan sebaran venuebabak 32 besar.Musim lalu sebaran venuedisesuaikan dengan komposisi klub menurut pulau,seperti Sumatera,Jawa,Kalimantan,dan Papua. PSM yang berasal dari Sulawesi akhirnya ditempatkan di Jayapura,lalu Persemalra Maluku Utara masuk Grup G dengan venueKalimantan.

Joko mengatakan,aspek geografis menjadi pertimbangan untuk efisiensi. ”Secara prinsip,kami menghindari dalam satu grup ada dua tim babak 8 besar. Tapi,keberadaan geografis tidak bisa diabaikan.Agar efisien,bisa saja venue menyesuaikan geografis.Nanti semua akan dipikirkan,”tandas Joko.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments