Sentuhan Supersub Punggawa Sriwijaya FC

JIKA saja Santos Douglas da Silva tidak melakukan aksi gol bunuh diri, mungkin Sriwijaya FC akan kehilangan tiga poin di kandang sendiri, pada fase Grup F Asian Football Confederation (AFC) Cup 2011 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Selasa (1/3). Dan gol bunuh diri itu tidak akan tercipta jika Ade Suhendra, si empunya umpan terobosan tidak melakukannya. Ade dan Douglas sang penyelamat.
SFC Mania

Ade sebenarnya pemain pengganti yang minim kesempatan tampil sejak menit awal. Dia kalah bersaing dengan Ponaryo Astaman, Firman Utina ataupun Dirga Lasut, sehingga dia selalu menjadi pemain pengganti alias supersub. Namun setiap kali diturunkan tidak sekalipun tampil mengecewakan.

Si pemilik umpan-umpan akurat ini kerap membuat kejutan-kejuatan melalui aksinya di kala tim mengalami kebuntuan. Dalam pertandingan yang cukup membosankan itu, Ade mampu merubah alur serangan SFC yang terasa menonton. Gerakannya lincah, cepat dan juga kuat dalam penguasaan bola. Diturunkan di menit 65, dia bergerak mobile ke kiri ataupun kanan pertahanan lawan.

Satu sentuhannya ketika memberikan umpan datar dari sudut kanan lapangan tim lawan. Umpan panjang ini mengalir deras ke arah Budi Sudarsono yang berdiri di depan gawang, tetapi kemudian dipotong bek VB Sports Douglas sehingga bola itu bukannya terhalau justru meluncur deras ke gawangnya sendiri. Gol yang menyamakan skor 1-1 atas tim asal Maladewa itu, setelah lawan sempat memimpin lewat gol Ali Ashad.

Tentang kapasitas Ade, pelatih Ivan Kolev mengakui, dia adalah pemain penting SFC. Kemampuan pemain berpostur 173 Cm/65 Kg sudah teruji dan memiliki pengalaman. “Dia selalu memberikan perubahan dalam setiap permainan, peranannya sangat penting sebagai solusi jika pemain lainnya tidak berkembang,” jelas Kolev.

Sementara itu, Ade mengaku sebagai pemain dia hanya mengikuti instruksi pelatih dan selalu siap diturunkan kapanpun. Pemain kelahiran Lampung, 7 Mei 1983, akan bermain maksimal dalam setiap pertandingan.

“Saya pikir pelatih yang tahu akan kebutuhan tim. Intinya bagaimana saya sebagai pemain selalu tampil maksimal dalam setiap laga. Kami pikir akan harus tetap solid, karena dalam waktu dekat kita akan menghadapi Pelita dan Semen Padang,” urai mantan pemain PSPS Pekanbaru musim lalu. (hendra kusuma) Biodata Nama:Ade Suhendra Tinggi/berat:173cm/65kg TTL: Lampung, 7 Mei 1983 Nomor: 21 Posisi: Gelandang Karir Klub: PSPS (2005-2007) Persija (2008) PSPS (2009) Sriwijaya FC (2010-)



Read Also:

Related Posts
Disqus Comments