Tamu Mengancam

Ambisi Sriwijaya FC (SFC) saat ini adalah kembali meramaikan bursa juara dan persaingan papan atas. Kemenangan di kandangnya, Stadion Gelora Sriwijaya (SGS) Jakabaring, Palembang, pun wajib hukumnya.

Sriwijaya FC


Termasuk seperti laga sore ini kala tim berjuluk Laskar Wong Kitoitu menjamu Persiwa Wamena.Tiga poin harus diambil SFC pada pertandingan yang disiarkan antvpukul 15.30 WIB,semua demi memperbaiki peringkat. Kini,SFC berada di peringkat 7 dengan modal 23 poin dari 16 pertandingan.Jika ingin mengejar Persipura Jayapura yang berada di puncak,langkah Laskar Wong Kito tak ringan.Sebab,selisih poin dengan pemuncak sementara Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 itu adalah 15 angka.

Tapi,kenyataan ini tak boleh membuat Keith Jerome ’Kayamba’ Gumbs patah arang.Kemenangan atas Persiwa tetap target yang harus didapat.Apalagi,empat pertemuan kedua klub di Jakabaring,baik laga resmi maupun uji coba,SFC tidak pernah kalah. Bahkan,Laskar Wong Kitohanya sekali ditahan oleh klub berjuluk Badai Pegunungan Tengahitu pada musim 2007/2008 di Kompetisi Divisi Utama. Memasuki era ISL,saat tandang ke Palembang,Persiwa selalu pulang dengan kekalahan. ”Laga ini sangat penting artinya buat semua elemen klub ini.Sebab,hasil bagus untuk menilai pencapaian pemain dan pelatih selama satu musim berjalan.

Makanya,besok (hari ini) anak-anak harus tetap main 100% dan meraih poin penuh,” kata Pelatih SFC Ivan Venkov Kolev. Ucapan Kolev ini memang sangat hati-hati.Sebab, meladeni Persiwa sekarang bukan perkara mudah.Secara statistik,kini Persiwa berada di atas SFC.Apalagi,pada putaran pertama lalu Pieter Romaropen dkk menumbangkan Laskar Wong Kitodua gol tanpa balas di Wamena. Apalagi,pasukan Suharno, meski bertindak sebagai tamu,tak ingin tampil biasa.Sasaran mereka adalah mengalahkan SFC di depan pendukung Laskar Wong Kito yang diharapkan memadati Jakabaring,hari ini. ”Hampir di semua lini SFC memiliki pemain bagus.Seperti kiper Ferry Rotinsulu, Claudiano Alves,Thierry (Gathuessy), Firman Utina,Kayamba,dan Budi Sudarsono.Kekuatan mereka lebih merata,” kata Suharno, saat uji lapangan di Jakabaring,kemarin.

”Mencuri satu poin adalah target minimal pada laga tandang.Tapi,jika kesempatan terbuka,tidak ada salahnya kami berupaya mencuri kemenangan meski di kandang lawan,” lanjutnya. Ancaman Suharno soal target mencuri poin di Palembang ditanggapi dengan tenang Kolev.Menuju laga ini,sang arsitek lebih santai karena pemainnya yang cedera mulai berkurang.Kini tinggal dua nama yang belum fit 100%,yaitu wakil kapten Ponaryo Astaman dan M Ridwan. ”Pemain yang cedera sudah kembali seperti Firman dan M Ridwan,tinggal Ponaryo dan Rudi.Tapi,saya tidak akan memaksa pemain turun di satu pertandingan jika tidak fit.Saya harus memperhitungkan pertandingan ke depan juga.Seperti contoh setelah Persiwa,sudah ada Persipura yang menunggu,” tandas Kolev.

Untuk semangat bertarung,kondisi Kayamba dkk sedang bagus.Kemenangan di kandang TSW Pegasus di Hong Kong,kala menang 2-1 pada laga kedua Grup H Piala AFC 2011,adalah modal berharga. Apalagi,recovery sepulang dari negeri bekas koloni Inggris itu sudah cukup dan pemain kembali on fire.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments