• Agenda Liga Terancam Berantakan

    Teknis penyelenggaraan Piala Indonesia (PI) 2011 terancam berantakan. Semua karena makin berlarutnya persoalan sepak bola nasional yang puncaknya pembekuan PSSI oleh pemerintah via Menpora Andi Mallarangeng.

    FC Sriwijaya


    Status PI saat ini digantung.PT Liga Indonesia (Liga) belum bisa mengungkapkan kepastian drawingplus technical meeting menjelang kick-off.Seharusnya dua agenda tersebut digelar paling lambat pertengahan April. Kick-off babak 32 besar PI 2011 akan dimulai 13–24 Mei.Namun,persiapan agenda ini sekarang terkatung-katung.Efek domino belum stabilnya proses suksesi kepengurusan PSSI. Agenda pergantian pengurus baru PSSI telantar karena kongres pada 26 Maret lalu dengan agenda pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan gagal digelar.Indonesia saat ini bahkan di ujung tanduk dan terancam suspenddari FIFA.

    ”Kami belum bisa memastikan kapan agenda itu dilakukan.Rencana pertengahan bulan ini bila asumsi kongres pada 26 Maret terpenuhi dan kongres pada 29 April berjalan mulus,”kata CEO PT Liga Indonesia Joko Driyono,kemarin. ”Tapi,sekarang semua menjadi begini. Posisi kami menunggu kepastian kelanjutan kongres atau sanksi FIFA.Kalau semua lancar, kick-offseharusnya dimulai pertengahan Mei,”lanjutnya. Drawingrencananya akan dilakukan saat technical meeting.Bukan hanya membagi tim dalam delapan grup,agenda tersebut juga menjadi kesempatan biddingtuan rumah. Liga sebelumnya menyatakan babak 32 besar menggunakan sistem home tournament. Penentuan tuan rumah didasarkan atas posisi terakhir tim musim sebelumnya, selain sebaran geografis.

    Potensi venuesaat ini menjadi milik tim yang musim lalu finis di babak 8 besar. Delapan tim tersebut akan berstatus unggulan.Mereka yang masuk seeded adalah Sriwijaya FC,Persija Jakarta,Pelita Jaya, Persib Bandung,Arema FC,Persebaya Surabaya, Persik Kediri,juga Persipura Jayapura. ”Kondisinya sedang tidak menentu.Kami tetap tidak mau menggadaikan kualitas ajang ini.Liga punya tanggung jawab moral kepada sponsor.Sekarang lebih baik menunggu satu atau dua pekan ke depan terkait apa yang akan terjadi.Kami berharap klub memakai kesempatan ini untuk persiapan biddingtuan rumah,”tutur Joko.

    Liga memberi toleransi kepada tim lain untuk mengajukan proposal bidding. Alasannya,meratakan suhu persaingan PI agar tidak terpusat pada satu daerah saja. Mengacu kepada tim unggulan,Jawa Timur (Jatim) menempatkan tiga klub.
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com