Budi Sudarsono Terancam Sanksi

BUDI Sudarsono turut mencetak gol saat Sriwijaya FC menundukkan Song Nghe An 3-1 pada lanjutan Asian Football Confederation (AFC) Cup di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (13/4). Namun gol dan kemenangan SFC tercoreng dengan ulahnya mengacungkan jari tengah kepada penonton, usai mencetak gol ketiga SFC menit ke-77.

Disiarkan langsung dan disaksikan penonton di stadion dan seluruh Indonesia, Budi dengan emosional berlari menuju tribun Barat dan VIP, kemudian mengacungkan jari tengahnya. Pasalnya, sejak awal hingga akhir laga, para penonton berteriak mengejeknya. Ejekan itu diduga disebabkan, pemain asal Kediri itu beberapa kali kehilangan bola dan beberapa kali pula melewatkan beberapa peluang matang yang gagal menjadi gol.

Usai pertandingan, Ivan Kolev yang dimintai komentarnya mengaku belum tahu jelas dan tidak melihat aksi Budi. Namun, jika tindakan itu benar-benar dilakukan Budi, dia akan melakukan rapat dengan manajemen untuk memberi sanksi.

“Saya belum lihat, tetapi jika benar, itu tidak pantas dilakukan,” tegas Kolev.
Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Hendri Zainudin mengaku sudah tahu dengan aksi Budi. Ia mengatakan, itu luapan emosi seorang pemain usai mencetak gol, tetapi sikapnya yang mengacungkan jari tengah kepada penonton adalah tindakan tidak pantas dan akan diberikan sanksi.

Budi bisa saja dikenai sanksi oleh pihak AFC atau PSSI. Tindakan serupa baru juga pernah dilakukan Wayne Rooney di Liga Inggris yang berakhir dengan sanksi larangan bertanding sebanyak dua kali. Ia dihukum FA atas aksinya mengumpat di depan dengan menyatakan perkatan Fuck atau berupa kata-kata umpatan kotor. Kata “F” sama artinya simbol jari tengah yang diperlihatkan Budi.


Read Also:

Related Posts
Disqus Comments