• Lawan Persib Saatnya Naik ke Papan Atas

    Sriwijaya FC tak mau kehilangan poin saat bermain di kandang sendiri. Termasuk saat jamu Bontang FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok (16/4). Target itu diusung demi memenuhi ambisi Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC), menembus papan atas. Saat ini tim double winner 2007 itu masih bercokol di papan tengah pada peringkat ke-6. Dengan koleksi 31 poin dari 21 laga yang telah dijalani.

    FC Sriwijaya


    Praktis, bila sukses membungkam Bontang FC, skuadra Ivan Kolev langsung merangsek ke papan atas. Dengan torehan 34 poin menggeser Persisam yang berada di posisi kelima dengan donasi 32 poin. Selain itu, target menang juga demi mendekati para scudetto di Indonesia Super League (ISL). Sebab, bila sukses mendapat poin 34, Sriwijaya bakal sama dengan para rival lainnya. Seperti, Persija Jakarta dan Arema FC yang sama-sama mengoleksi 34 poin.

    ”Kami ingin menyapu bersih laga home yang tersisa. Target masuk tiga besar tetap kami pasang musim ini. Yang pasti, kami fokus masuk papan atas dulu. Salah satunya harus mengalahkan Bontang FC di pertandingan nanti,” kata Direktur Teknik dan SDM, PT Sriwijaya Optimis Mandiri (PT SOM), Hendri Zainuddin, kemarin (14/4).

    Misi lolos papan atas terbuka lebar bagi Laskar Sriwijaya. Sebab, saat ini motivasi Keith Kayamba Gumbs dkk sedang dalam kondisi memuncak. Ini dibuktikan, dari lima laga terakhir, Laskar Wong Kito belum pernah kalah.

    Yakni, hanya dua kali seri dan tiga kali mendapat kemenangan dalam segala ajang. Terakhir, tim double winner pra-musim itu mampu menumbangkan Song Lam Nghe An (Vietnam) dengan skor 3-1 pada laga AFC Cup grup F.

    Kondisi itu berbanding terbalik dengan kondisi Bontang FC. Ya, Laskar Khatulistiwa (julukan Bontang FC) sedang dalam kondisi jeblok pada lima laga terakhir. Skuadra Fachri Husaini hanya mampu mengoleksi satu kali seri. Sisanya, Bontang FC selalu menelan kekalahan. Baik saat bermain di laga away maupun home. Praktis, dengan kondisi itu menjadi modal tersendiri bagi Sriwijaya untuk memetik tiga poin.

    Modal lain Sriwijaya adalah kemenangan pada laga perdana musim ini. Tim juara Piala Indonesia tiga kali berturut-turut itu mampu menang 3-2 saat bermain di kandang Bontang, (19/1) lalu. Praktis, hasil itu menjadi motivasi tersendiri bagi Keith Kayamba Gumbs dkk untuk mengulang kesuksesannya.

    Tapi, meski dalam onfire, bukan berarti Sriwijaya bakal mudah mengoleksi tiga poin di kandang sendiri. Pasalnya, Bontang FC selalu menjadi momok Sriwijaya sepanjang musim. Buktinya, dari head to head Sriwijaya hanya satu kali menang dari lima laga yang dijalani. Sisanya, Sriwijaya hanya mampu mengoleksi satu kali seri saat ditahan 1-1 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (28/4/09) pada laga lanjutan ISL. Sedangkan sisanya kalah. Setelah tumbang 1-2 di Stadion Wulawarman (15/8/08) pada laga lanjutan ISL. Kemudian kalah 1-3 di kandang Bontang (19/1/10) dan terakhir dipermalukan di kandangnya sendiri 1-2 (7/3/10) pada laga lanjutan ISL.

    Yang lebih menjadi momok Sriwijaya adalah kebangkitan Bontang FC. Skuadra Fachry Husaini sedang dirasuki spirit dua ratus persen pascajeblok di kandang sendiri. Saat kalah 0-1 dari Persisam, (2/4) lalu. Kemudian, harus tumbang 0-3 dari tuan rumah Persib Bandung (9/4) lalu. Praktis, kondisi ini membuat Ali Khadafi dkk ingin menebusnya dengan membungkam Sriwijaya FC.

    Ancaman lain, meski saat ini berada dasar klasemen sementara, Bontang FC bukan berarti akan mudah ditumbangkan saat di laga away. Buktinya, Bontang pernah menumbangkan Persisam Putra Samarinda dengan skor 2-1, (23/1) lalu. Padahal, saat Sriwijaya bermain di Persisam harus tumbang dengan skor 1-4. Kekalahan itu merupakan hasil terburuk sepanjang musim ini.

    Bukti lain ketangguhan Bontang adalah mampu menahan imbang Semen Padang dengan skor 2-2, (30/1) lalu. Hasil itu berbanding terbalik ketika Sriwijaya harus tumbang 1-2 dari Semen Padang. Padahal, saat itu Kabau Sirah (julukan Semen Padang) hanya bermain sepuluh orang.

    “Hari ini (kemarin, red) kami makin memantapkan taktik transisi yang sudah kami bangun, dari bertahan ke menyerang. Sriwijaya adalah tim hebat, dan yang perlu diwaspadai semua pemain yang masuk ke pertahanan kami, tim harus disiplin mengawal,” ujar pelatih Bontang FC, Fachri Husaini. (mg43/jpnn)

    Head to head Sriwijaya v Bontang FC
    19 Januari 2011: Bontang FC v Sriwijaya FC : 2-3 (ISL)
    7 Maret 2010: Sriwijaya FC v Bontang FC: 1-2 (ISL)
    19 Januari 2010: Bontang FC v Sriwijaya FC: 3- 1 (ISL)
    28 April 2009: Sriwijaya FC v Bontang FC: 1-1 (ISL)
    15 Agustus 2008 Bontang FC v Sriwijaya FC: 2-1 (ISL)
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com