Thierry: Menang Harga Mati

Para punggawa Sriwijaya FC akan tampil habis-habisan saat menjamu Song Lam Nghe An pada ajang Asian Football Confederation (AFC) Cup, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (13/4).
FC Sriwijaya


Menang adalah harga mati bagi Gumbs Cs demi bertahan di puncak klasemen Grup F dan menjaga reputasi Gelora Sriwijaya serta rekor tim yang tidak pernah kalah dari klub Vietnam.

Seperti diketahui, tim Wong Kito kini menjadi pimpinan Grup F dengan nilai 4 dari dua laga, usai mengalahkan TSW Pegasus pada 15 Maret lalu, karena sebelumnya SFC bermain imbang lawan VB Sports pada 1 Maret. Sementara Song Lam mengikuti dari belakang dengan nilai 3 dari dua pertandingan.

Sementara pada ajang AFC Cup 2010 lalu, SFC mampu menundukkan Becamex Binh Doung, raksasa lain asal Vietnam dengan skor 1-0 di Jakabaring pada 24 Maret 2010 lalu. Rekor inilah yang menurut Kapten Keith Kayamba Gumbs perlu dijaga.

Ia pun mengobarkan semangat rekan-rekannya agar bermain power full. Sebab dengan materi yang ada dan pulihnya pemain pilar membuat Gumbs percaya seratus persen meraih kemenangan menghadapi tim mana pun termasuk Song Lam Nghe An.

“Kami siap menghadapi tim mana pun. Dan apapun yang terjadi kami akan berjuang hingga pertandingan berakhir tidak kata menyerah sebelum kami menang,” jelas Gumbs.

Seperti diketahui, SFC dan Gumbs khususnya serta beberapa pilar lainnya seperti Arif Suyono, Ponaryo Astaman, Ferry Rotinsulu, dan Bobby Satria memiliki pengalaman menghadapi tim asal Vietnam. Secara umum, Vietnam tampil seperti dua tim berbeda, kadang-kadang bermain dalam tempo sedang dan tidak terlalu ngotot. Tetapi semua berubah ketika mereka ketinggalan.

“Mereka akan bermain ngotot dan keras,” jelas Kayamba.

Diperkirakan SFC akan turun dengan formasi terbaiknya. Ferry Rotinsulu dipastikan turun setelah dinyatakan tidak ada sanksi dari AFC karena akumulasi kartu kuning.

Sementara lini belakang ada Supardi, Thierry, Diano dan M Ridwan, sedangkan lini tengah ada Firman Utina, Ponaryo Astaman, Dirga Lasut, dan Oktovianus Maniani, akan menyokong duet Kayamba dan Arif Suyono.

Pelatih Ivan Kolev mengatakan, ia selalu fokus dan serius dalam setiap pertandingan Laskar Wong Kito. Apalagi Song Lam adalah tim berkualitas, meski tim ini sempat kalah lawan TSW Pegasus di laga pertama dengan skor 1-2, tetapi pada laga berikutnya lawan VB Sports, klub asal Vitnam ini menang telak dengan skor 3-1.

“Saya sudah mempelajari kekuatan tim lawan, meski secara khusus saya belum tahu pasti tentang kekuatan lawan. Yang jelas kami selalu fokus dan bekerja keras dalam setiap pertandingan serta mencari menang,” jelasnya.

Hanya 1 Poin Seperti diketahui, Song Lam yang berada di Grup F hanya terpaut satu poin dengan SFC yang kini menjadi pemuncak klasemen. Pertarungan lawan Song Lam adalah penentuan lolos atau tidaknya SFC. Sebab, setelah itu mereka akan melawan TSW Pegasus dan kemudian lawan VB Sport.

Menurut Kolev, Song Lam memiliki barisan tengah dan depan yang sangat agresif seperti gelandang Hoang Tihn Nguyen, Hong Viet Nguyen, Ngoc Anh Nguyen yang masing-masing sudah mencetak satu gol di ajang AFC Cup. Sementara lini depan ada striker berpengalaman seperti Anh Nguyen. Pada ajang Liga Utama Vietnam, Song Lam kini menjadi pemuncak klasemen dari 10 kali pertandingan.

Tim ini juga memiliki organisasi permainan dan disiplin hingga akhir pertandingan. Mereka mampu mencetak gol meski menjelang menit-menit akhir.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments