• Ujian Berat Laskar Wong Kita (Sriwijaya FC)

    Sriwijaya FC memang merupakan tim tangguh saat bermain di laga home. Ini dibuktikan dari 8 laga kandang Indonesia Super League (ISL), Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) tak terkalahkan. Dengan 6 kali menang dan 2 kali seri.

    FC Sriwijaya


    Tapi, kali ini Sriwijaya bakal mendapat ujian. Sebab, tim yang akan dihadapi merupakan tim yang notabene-nya di atas Sriwijaya. Yakni, Persisam Putra Samarinda. Dari soal peringkat, Pesut Mahakam (Julukan Persisam) lebih unggul dibandingkan Sriwijaya. Tim asal Samarinda itu bercokol di peringkat ke-4 dengan koleksi 32 poin dari 19 laga yang telah dijalani. Sedangkan Sriwijaya masih berada di peringkat ke-6 dengan torehan 28 poin dari 19 laga.

    “Persisam saat ini di atas Sriwijaya. Dan hasil itu didapat Persisam bukan lantaran kebetulan. Sehingga, kami perlu mewaspadai mereka,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev, kemarin (7/4).

    Bukan hanya soal peringkat, dari head to head Sriwijaya juga kalah dibandingkan Persisam. Dari empat kali bentrok, Sriwijaya hanya mampu mengoleksi satu kali menang. Satu kali seri dan dua kali menelan kekalahan.

    Ancaman lain, Persisam tak jarang mencuri poin saat bermain pada laga away. Ya, dari 9 laga yang telah dijalani, skuadra Hendri Susilo mampu mengoleksi dua kali kemenangan. Yakni mampu menumbangkan Pelita, dengan skor 1-0, (30/1) lalu. Terakhir, mampu membungkam tuan rumah Bontang FC dengan skor 0-1, (2/4) lalu.

    Kemudian mengoleksi satu kali seri, yakni saat mampu menahan imbang 1-1 dari tuan rumah Persiwa Wamena, (20/10/10) lalu. Sedangkan sisanya kalah. Hasil itu lebih baik dibandingkan dengan Sriwijaya saat menjalani lawatan tim yang pernah ditumbangkan Persisam.

    Sriwijaya sendiri harus tumbang 0-1 dari Pelita (5/3), kemudian kalah 2-0 dari Persiwa (2/2) lalu. Sedangkan untuk Bontang FC, Sriwijaya mampu menang 2-3, (30/1) lalu. Praktis, dengan kondisi itu, bentrok yang akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok (9/4) nanti bakal menjadi ujian tersendiri bagi Keith Kayamba Gumbs dkk.

    Tapi, meski misi sulit bakal dijalani Sriwijaya, kans untuk meraih poin penuh tetap terbuka lebar. Sebab, hingga kini Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (home base Sriwijaya) masih angker bagi tamu-tamunya. Termasuk bagi Persisam sendiri.

    Ya, dua kali bermain di kandang Sriwijaya, Persisam belum pernah menang. Yakni, hanya mampu menahan seri 2-2 pada laga Piala Indonesia (PI), (10/5/10) dan tumbang 0-3 pada laga Indonesia Super League (ISL), (16/2/10) lalu.

    Selain itu, motivasi Ferry Rotinsulu dkk sedang dalam puncaknya. Ini setelah Sriwijaya mampu menahan imbang 1-1 dari tuan rumah Arema FC, (27/3) lalu. Bukan hanya itu, Laskar Wong Kito bakal bermain lebih beringas saat jamu Persisam. Sebab, tim juara Piala Indonesia tiga kali berturut-turut itu berambisi untuk membalas kekalahan 1-4 pada putaran pertama, (16/1) lalu.

    “Terpenting, kami harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan kemenangan. Target kami selalu berusaha meraih poin penuh di setiap pertandingan,” tambah mantan arsitek Timnas Indonesia itu.

    Sementara, Persisam datang ke Palembang membawa motivasi besar. Dengan membawa 17 pemain terbaiknya, coach Persisam, Hendri Susilo berharap mampu mencuri poin di kandang Sriwijaya.

    “Semua pemain dalam keadaan siap tanding. Target, jelas kami ingin mencuri poin. Meski tim yang akan kami hadapi merupakan tim besar dan sulit dikalahkan,” ungkap Hendri Susilo, saat ditemui di Hotel Arya Duta Palembang, kemarin (7/4).

    Untuk memuluskan ambisinya, Persisam sendiri mempunyai modal besar saat menjalani lawatannya ke Palembang. Sebelumnya mampu menang 4-1 atas Sriwijaya pada putaran pertama, serta mampu menang 1-0 di kandang Bontang FC pada laga away terakhir, bakal menjadi modal tersendiri untuk Persisam.

    “Tapi, itu tak menjadi patokan utama bagi kami. Sebab, sepakbola bisa saja kalah dan bisa juga menang. Terpenting, kami harus berusaha keras untuk bisa mencuri poin di pertandingan,” pungkasnya.

    Head to head Persisam v Sriwijaya FC
    16 Januari 2011: Persisam v Sriwijaya FC: 4-1 (ISL)
    10 Mei 2010: Sriwijaya FC v Persisam: 2-2 (PI)
    16 Februari 2010: Sriwijaya FC v Persisam: 3-0 (ISL)
    16 Januari 2010: Persisam v Sriwijaya FC: 1-0 (ISL)
  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com