Demi Tiket 16 Besar, SFC Wajib Menang!

Sriwijaya FC (SFC) tinggal selangkah lagi untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala AFC. Syaratnya, SFC harus bisa melibas TSW Pegasus pada match day pamungkas di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, sore ini.
FC Sriwijaya

SFC berambisi mengikuti jejak wakil Indonesia lainnya,Persipura Jayapura, yang telah lebih dulu memperoleh satu tiket ke fase knock out. Untuk itu,anak asuh Ivan Kolev harus berjuang matimatian untuk memperoleh kemenangan saat menghadapi wakil Hong Kong Pegasus sore ini. Kemenangan menjadi harga mati jika Laskar Wong Kito.

Jika sampai imbang, langkah Ponaryo Astaman dkk dipastikan terhenti. Sebab, saat ini SFC mogok di peringkat 3 Grup F dengan nilai 7,tertinggal dua angka dari Pegasus di puncak klasemen,dan Song Lam Nghe An di peringkat 2. Di posisi keempat, ada VB Sports yang mengepak nilai 5. Di pertemuan sebelumnya, SFC berhasil mempermalukan Pegasus 2-1 di Hong Kong, 15 Maret lalu.

Namun,hasil positif tersebut tidak bisa jadi patokan. Pelatih SFC Ivan Kolev mengungkapkan, dari lima gameyang sudah dilakoni SFC, dia melihat kualitas tiga tim lawan hampir sama.Namun, dia mengakui jika Pegasus merupakan tim terbaik. ”Pegasus memiliki organisasi permainan yang bagus dan selalu main bagus jika bermain tandang, tapi malah kalah kalau di kandang sendiri.

Untuk itu, kita tetap harus mewaspadai setiap pergerakan pemain mereka dan menjaga koordinasi antarlini jika tidak ingin menelan kekalahan,” ungkapnya saat press confrence di RJS Cafe Hotel Aryaduta kemarin. Untuk meraih kemenangan, pelatih berpaspor Bulgaria ini mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilakukan pasukannya, yakni mencoba mengontrol jalannya pertandingan dan meningkatkan organisasi permainan serta mematahkan setiap serangan balik yang dibangun lawan.

”Selain itu, kita harus berusaha keras agar mereka tidak membuat gol lebih dulu. Sebaliknya kita yang harus lebih dulu mencetak gol agar dapat meningkatkan semangat para pemain,”ujarnya. Sementara itu, Manajer SFC Hendri Zainuddin optimistis SFC bisa kembali meraih kemenangan atas Pegasus seperti yang pernah dilakukan Ponaryo dkk di Hong Kong.

Apalagi saat ini kondisi tim mulai kondusif selepas perseteruan yang terjadi di antara pemain dan pelatih akibat kekalahan tiga kali beruntun. ”Sejak kita melakukan pertemuan dengan pelatih kemarin, para pemain kini tidak lagi mendapatkan materi latihan fisik yang berat seperti sebelumnya. Jadi,mereka memiliki kondisi fisik yang lebih bugar. Pelatih juga telah berjanji akan menempatkan pemain sesuai posisi sebenarnya agar bisa lebih maksimal,” bebernya.

Di pihak lain, pelatih Pegasus Chan Hiu Ming menegaskan, timnya dalam kondisi siap tempur.Tidak ada satu pemain pun yang absen. Dia juga mengatakan, pertandingan ini sangat penting, dan timnya memiliki kesempatan besar untuk lolos karena dirinya telah mengantongi peta kekuatan SFC dari pertemuan sebelumnya. Mengenai faktor pendukung tuan rumah,dia mengaku pasukannya tak akan terganggu konsentrasinya.Itu sudah dibuktikan saat mereka menang 2-1 di markas SLNA,begitu pun di kandang VB Sports dengan skor 5-3.

Bahkan,tren positif itu akan coba dilanjutkannya dengan memetik kemenangan di Palembang hari ini. ”Saya rasa pemain juga tidak ada masalah dengan cuaca panas di sini, karena di Hong Kong juga sedang memasuki musim panas. Apalagi, kami sudah tiba di sini sejak Minggu (8/5). Sejak saat itu pemain sudah melakukan adaptasi dengan kondisi cuaca di sini,” ujarnya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments