Gempur Habis-habisan, Gumbs!

Bergabungnya defender Bobby Satria dan Claudiano Alves dos Santos, membuat lini belakang Sriwijaya FC makin solid, meski tanpa bek Thierry Gathuessi. Sehingga, Keith Kayamba Gumbs dkk akan lebih berkonsentrasi membombardir jantung pertahanan VB Sports pada lanjutan AFC Cup, di Rasmee Dhandu Stadium, Maladewa, Rabu (4/5) siang.

FC Sriwijaya


Gumbs, sapaannya, menjadi andalan ujung tombak SFC, dan diharapkan mampu memimpin rekan-rekannya untuk membuat teror demi teror lini belakang tuan rumah yang dipimpin defender Douglas Dos Santos. Dengan kekuatan penuh, pemain asal Kitts-Nevis ini, akan mendapatkan tandem ideal seperti Budi Sudarsono ataupun Rudi Widodo yang baru sembuh dari cedera.

“Gumbs kerap turun membantu pertahanan, namun dalam pertandingan ini dia ditugaskan fokus membangun serangan,” jelas Pelatih Ivan Kolev, Selasa (3/5).

Dia akan mendapatkan sokongan penuh dari pemain sayap seperti, Arif Suyono ataupun Mahyadi Panggabean. Belum lagi kekuatan lini tengah yang akan perkuat oleh Dirga Lasut dan Ponaryo Astaman.

Dalam pertandingan ini Gumbs kembali beradu tajam dengan striker VB Sport, Ali Ashad yang mencetak sebiji gol ke gawang Ferry Rotinsulu pada menit 56 pada leg pertama di Stadion Gelora Jakabaring 1 Maret lalu. Ashad kini dipercaya pelatih VB Sport Bahtiyar Can Vali menjadi kapten tim. Wasit asal Arab Saudi, Marai Mohammed A Alawaji akan memimpin pertandingan ini.

Pelatih Ivan Kolev Senin (2/5) mengatakan, bisa saja dia akan memainkan tiga striker sekaligus dengan Kayamba sebagai ujung tombak. Startegi ini, dia terapkan ketika SFC ketinggalan 1-0 dari VB Sport ketika bertanding di Jakabaring pada 1 Maret lalu.

“Rudi sudah bisa dimainkan, bisa saja kami mengandalkan tiga striker untuk menekan pertahanan tim lawan,” jelas Kolev.

Lini Belakang Lemah Coach asal Bulgaria ini menerapkan strategi menyerang, dia tahu kelemahan lini belakang tim lawan. Dengan terus menyerang, SFC akan menemukan celah lini belakang pemuncak Liga Utama Maladewa itu. Kolev pun mengatakan, gol bunuh diri Douglas di menit 86 dalam laga leg pertama karena teror demi teros yang dilakukan Kayamba dkk. Khususnya Kayamba, selalu bergerak mobile dengan kecepatan-kecepatannya sehingga membuat binggung bek VB Sports.

Tentunya pendukung SFC tidak pernah melupakan gol bunuh diri Douglas dos Santos ketika SFC di tahan 1-1 VB Sports pada pertemuan pertama 1 Mei lalu. Ketika itu, SFC ketinggalan 0-1 karena gol Ali Ashad di menit 56. Kolev pun kemudian meminta anak asuhnya menyerang total, tetapi lagi-lagi gagal. Kolev kemudian memasukkan Ade dan benar saja, sentuhan-sentuhan Ade pun terlihat kompak dengan Kayamba dan merubah arah permainan.

Gol balasan pun terjadi karena umpan terobosan Ade. Pada menit 85, mantan gelandang Persija ini bermaksud memberikan umpan daftar kepada Keith Kayamba Gumbs, tetapi buruh-buru dipotong Douglas yang terlihat panik dan berusaha mendahului Gumbs yang menerornya dengan kecepatan. Akibatnya, bola yang semesti dibuang keluar itu justru meluncur ke gawang VB Sport sehingga kedudukan pun berakhir dengan skor 1-1.

Dalam pertandingan Kolev akan menurunkan trio Kayamba, Budi dan Arif di lini depan, kemudian ini tengah akan menurunkan Ponaryo Astaman, Mahyadi dan Dirga Lasut, sedangkan lini belakang ada Supardi, M Ridwan, Bobby Satria dan Claudiano Alves dos Santos serta kiper Ferry Rotinsulu.

Kieth Kayamba Gumbs mengatakan, VB Sport adalah tim berkualitas dengan pemain-pemain yang memiilki skill di atas rata-rata. Kondisi mereka yang kelelahan saat melawat ke Maladewa akan membuat permainan lebih berat, tetapi dia yakin Laskar Wong Kito akan meraih kemenangan.”Kami optimis akan meraih hasil bagus dan menang dalam laga ini,” jelas Gumbs.

Ditambahkan Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Hendri Zainudin jika SFC menang maka mereka mengantongi 10 poin, yang merupakan angka aman bagi Laskar Wong Kito. Sebab pesaing terdekat Song Lam dan TSW Pegasus akan saling bertarung demi memastikan tiket. Diprediksi TSW akan meraih kemenangan karena bermain di kandang sendiri. Jika TSW Menang, maka tim asal Hongkong itu semakin kokoh di puncak dengan 12 poin. Penentuan akan dilihat dalam terakhir pada Rabu (11/5) di mana Song Lam meladeni VB Sports dan SFC akan menjamu TSW Pegasus.”Dengan mengantongi nilai 10 posisi kita sudah aman karena pada laga berikutnya pada 11 Mei kita menjamu TSW Pegasus dan di sini tinggal menentukan juara Grup,” jelas Hendri.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments