Laga Tim Papan Atas Sarat Emosi

Duel Sriwijaya FCPersija di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pukul 15.30 WIB hari ini, diprediksi bakal menegangkan dan sarat emosi. Sebab,bukan sekadar perebutan angka untukmemperbaikiposisi klasmen Liga Super Indonesia (LSI), melainkan juga gengsi.

FC Sriwijaya


Pertandingan menegangkan bakal terjadi karena sebagian besar pemain di tubuh Macan Kemayoran pernah ikut berperan mengantarkan sukses untuk Laskar Wong Kito hingga mampu menggenggam gelar Double Winner edisi 2007 dan hattrick Piala Indonesia. Belum lagi Persija saat ini ditangani pelatih Rahmad ‘RD’ Darmawan yang menjadi aktor dibalik kesuksesan SFC hingga akhirnya memilih berpisah dengan klub itu akhir musim lalu.

Meskipun banyak kenangan indah terjadi,kedua tim sore ini dipastikan bakal sama-sama berjuang habis-habisan untuk mendapatkan tambahan tiga poin. Sedangkan, pelatih SFC Ivan Venkov Kolev juga memiliki misi tersendiri di LSI setelah gagal memenuhi target menembus babak semifinal Piala AFC setelah kandas oleh Chonburi FC di 16 besar barubaru ini.

Pertandingan kali ini sekaligus sebagai ajang pembuktian diri Kolev bahwa dia lebih baik ketimbang RD yang merupakan suksesornya. Dari enam pertemuan sebelumnya, baik di ajang LSI maupun kompetisi pramusim Piala Indonesia,SFC berhasil memetik dua kali kemenangan, tiga kami imbang dan satu kali kalah. Dari catatan tersebut,SFC lebih diunggulkan untuk memetik kemenangan.

Apalagi, Ponaryo Astaman dkk akan bermain di depan pendukung sendiri. Namun, Persija bukanlah tim yang lemah dan bisa dianggap remeh.Apalagi,dari empat pertandingan terakhir, Bambang Pamungkas dkk memiliki tren lebih baik karena berhasil meraih 2 kali kemenangan, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Sedangkan,SFC hanya meraih 1 kali kemenangan dan 3 kali kekalahan. Walaupun hanya 1 kali meraih kemenangan dan 3 kali kekalahan yang diderita SFC, semuanya diterima dari pertandingan di ajang Piala AFC, sedangkan Persija di ajang LSI. “Pertandingan melawan Persija saya harapkan menjadi kebangkitan SFC karena empat pertandingan yang kita lakukan sebelumnya semuanya di ajang Piala AFC.

Dengan kondisi ini, saya rasa para pemain memiliki banyak pengalaman dari klub-klub yang dihadapi,”ungkap Kolev. Sementara itu, meski nanti menang, kemenangan atas Persija tidak lantas mendongkrak posisi SFC. Karena saat bersamaan Arema akan menghadapi tim papan bawah Deltras Sidoarjo.

Pasalnya, saat ini SFC yang bertengger di posisi enam baru mengumpulkan poin 34 dari 22 kali pertandingan. Jika menang lawan Persija, jumlah poin SFC menjadi 37. Sedangkan, Arema saat ini telah mengumpulkanpoin37dari23laga. “Meskipun tambahan tiga angka tidak akan membuat posisi kita di klasmen sementara naik, setidaknya kemenangan akan menjadi awal yang baik karena setelah ini kita menghadapi PSPS (1/6) di kandang.

Para pemain tentunya butuh tambahan semangat agar bisa menjaga tren positif,” tutur Direktur Teknik dan SDM SFC Hendri Zainuddin. Di sisi lain, kelelahan yang mendera pemain SFC menjadi berkah tersendiri bagi Persija. Sebab, tim yang diarsiteki Rahmad ‘RD’ Darmawan ini sangat membutuhkan tambahan tiga angka untuk menyodok ke posisi runner up menggeser Semen Padang.

Saat ini Persija berada di posisi ketiga dengan torehan poin 40 atau selisih dua poin dengan Semen Padang. “Tetapi, meski masa waktu efektif istirahat yang diperoleh para pemain SFC hanya dua hari, tidak akan memengaruhi pola permainan mereka. Apalagi sejak di bawah pelatih Ivan Kolev, para pemain SFC lebih bertenaga dan berotot. Selain itu, mereka tidak ingin malu di hadapan pendukungnya,”katanya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments