• Lini Belakang Belum Aman

    Kekuatan pertahanan Sriwijaya FC diperkirakan bakal berkurang saat ladeni PSPS Pekanbau di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring besok (1/6). Sebab, tim berjuluk Laskar Wong Kito tersebut tak dapat diperkuat oleh dua pilar akibat akumulasi kartu kuning. Yakni libero Claudiano Alves dos Santos dan wing bek Muhammad Ridwan.
    FC Sriwijaya


    Dua kartu kuning Claudiano Alves dos Santos didapat saat melawan Persija (29/5) dan Persisam Putra Samarinda (16/1). Kemudian bagi M Ridwan diterima ketika jumpa Persija di Palembang (29/5) dan Jakarta (3/11/10).

    “Tugas berat bagi lini pertahanan Sriwijaya tanpa Diano (Claudiano Alves dos Santos red) dan M Ridwan di belakang,” kata pelatih Sriwijaya FC Ivan Venkov Kolev kepada koran ini kemarin, (30/5).

    Kolev pangilan akrabnya menyebut kontribusi keduanya cukup berarti bagi kekuatan pertahanan tim berjuluk Laskar Sriwijaya tersebut. Alasannya Diano dan Ridwan punya kemampuan individu dan ketahanan fisik baik. Tak heran jika keduanya selalu jadi pilihan utama bila dalam kondisi fit dan tidak dapat larangan tampil akibat akumulasi kartu.

    “Ya, tentu saja kalau Diano dan Ridwan dalam kondisi fit dan tidak akumulasi, keduanya punya peluang besar masuk starting eleven. Namun tetap saja pemain lain juga punya peluang. Tergantung dari persiapan para pemain sebelum bertanding,” tambah pria asing yang sudah mahir berbahasa Indonesia ini.

    Ketergantungan lini belakang tim double winner periode 2007 terhadap dua pilar tersebut cukup besar. Terlebih pada sosok Diano. Tanpa kehadiran Diano di jantung pertahanan membuat pertahanan tim Bumi Sriwijaya tereduksi. Contoh tanpa Diano Sriwijaya dihajar Al Ain 0-4 pada babak kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) (19/2) lalu. Padahal Sriwijaya bermain dikandang sendiri.

    “Namun, kami tetap harus percaya dengan sisa pemain belakang yang ada. Seperti Thierry Gathuessi, Bobby Satria, Ahmad Jufrianto dan Supardi,” sambung eks pelatih Persija Jakarta dan Persipura Jayapura itu.

    Pelatih asal Sofia, Bulgaria tersebut menyebut sudah siapkan pemain penganti Diano dan M Ridwan. “Yang jelas kami sudah siapkan penganti dua pemain tersebut. Bisa saja Bobby dan Thierry kita plot diposisi bek tengah sedangkan Supardi dikanan dan Mahyadi Pangabean dikiri,” tambah dia.

    “Bisa juga Thierry dan Achamd Jufrianto pada posisi libero dan Bobby dikiri serta Supardi dikanan. Apalagi Achmat Jufrianto sedang dalam kondiri fresh sebab saat menghadapi Persija Jakarta harus absen akibat akumulasi,” pungkas dia.

  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com