Mulai Fokus Latihan Teknik

Memasuki latihan hari kedua pasca libur sepekan, Sriwijaya FC mulai fokus pada latihan teknik. Kali ini, tim juara double winner 2007 itu sudah mulai mempelajari pola permainan jelang hadapi Chonburi pada laga enam belas besar AFC Cup, (25/5) nanti.

FC Sriwijaya


“Setiap hari saya selalu mendapat materi latihan dari pelatih Ivan Kolev. Untuk hari ini, kami mencoba untuk mendalami pola 4-4-2 dan 3-5-2,” kata asisten pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi, kemarin (19/5).

Wajar, bila Sriwijaya langung mulai fokus pada pola permainan. Sebab, Laskar Sriwijaya tinggal menyisakan lima hari lagi guna hadapi tim asal Thailand tersebut. Praktis, Ponaryo Astaman dkk tak mempunyai banyak waktu untuk menjalani laga krusial tersebut.

Sebenarnya, pola 4-4-2 dan 3-5-2 itu sudah tak asing lagi bagi Laskar Sriwijaya. Sebab, coach Ivan Kolev sering memakai pola ini. Pola 4-4-2 sendiri sering dipakai saat bermain di laga away begitu juga dengan 3-5-2.

Saat dikonfirmasikan mengapa lebih fokus pada pematangan dua pola itu, Kas Hartadi enggan berkomentar banyak. “Saya hanya menjalankan intruksi dari pelatih. Semua materi diberikan sesuai agenda yang telah disusunya. Jadi, saya tinggal menjalankanya. Soal alasanya saya tak bisa menjelaskan,” imbuhnya.

Mantan pelatih SFC U-21 itu menambahkan, pematangan pola itu merupakan latihan lanjutan. Sebelumnya, pada hari pertama, Sriwijaya lebih fokus pada ketahanan fisik pemain. “Disesi latihan juga ada latihan fisiknya. Ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi pemain yang baru menjalani libur panjang. Tapi, kalau soal fisik tidak ada masalah. Dan saya lihat, tidak ada penurunan meski baru libur panjang,” tambahnya.

Sementara itu lawan Sriwijaya FC di babak 16 besar AFC Cup, Chonburi FC terkenal jago kandang. Dari delapan pertandingan kandang tim berjersey Biru-biru tersebut, berhasil petik tujuh kali kemenangan dan sekali hasil imbang. Hebatnya lagi mereka kerab dapatkan kemenangan dengan skor besar.

Contonya tim terkuat di Indonesia saat ini Persipura Jayapura dibuat tidak berdaya dengan skor telak 1-4 pada penyisihan grup H (26/4) lalu. Pada Piala AFC 2009 PSMS Medan juga pernah bernasib serupa (23/6/09) silam. Tim Ayam Kinantan (julukan PSMS) dikalahkan 0-4 pada babak 16 besar dan harus tersingkir dari AFC Cup.

Selain itu Conburi juga pernah gilas East Bengal (India) 4-0 dan HP Ha Noi (Vietnam) 6-0 pada penyisihan AFC Cup 2009 (21/04/09) silam. “Kami belum mau menyerah dan akan terus berjuang untuk meraih kemenangan,” kata pemain sayap Sriwijaya FC Arif Suyono saat dikonfirmasi kemarin, (16/5).

Pemain dengan sebutan Keceng ini mengatakan secara kualitas komposisi pemain Sriwijaya dengan Chonburi tidak jauh berbeda.. “Kalau dilihat dari penampilan para pemain timnas di ajang Piala AFF 2010 lalu sepertinya kami masih punya peluang untuk menang. Namun kami harus waspada karena mereka bakal bertindak sebagai tuan rumah,” tukas dia.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments