Yakin Kalahkan Pegasus, Lolos 16 Besar AFC Cup

Sriwijaya FC gagal menuntaskan ambisinya mencuri poin setelah menelan kekalahan kedua di ajang Piala AFC saat dipermalukan tuan rumah VB Sport 0-2.
FC Sriwijaya


Hasil buruk ini membuat langkah Laskar Wong Kito semakin berat menembus babak 16 besar. Peluang SFC masih tetap terbuka asalkan dipertandingan terakhir melawan TSW Pegasus nanti Ponaryo Astaman dkk berhasil meraih kemenangan. Karena di pertandingan lainnya yang dilaksanakan saat hampir bersamaan,diluar dugaan TSW Pegasus sebagai tuan rumah berhasil ditaklukkan oleh tamunya Song Lam Nghe An (SLNA) yang bermain dengan sepuluh pemain dengan akor akhir 2-3.

Dengan hasil ini membuat SLNA menyodok ke posisi runner up dengan total poin 9 atau sama dengan yang dimiliki TSW Pegasus masih menempati puncak klasmen dan hanya unggul dalam selisih gol.Sementara SFC harus puas di posisi ke tiga dengan torehan poin 7. Sedangkan bagi VB Sport, kemenangan ini tidak membuat mere-ka beranjak dari juru kunci grup F dengan total raihan 4 poin.

Untukitu,SFCharus bisa menyapu bersih tiga poin terakhir saat menghadapi TSWPegasus11Meinanti diStadionGeloraSriwijaya Jakabaring. Karena jika sampai imbang atau kalah, maka kesempatan SFC untuk melaju ke babak knock out (babak 16 besar) pupus sudah. Pasalnya disaat yangbersamaan,SongLamNghe An yang bertindak sebagai tuan rumah akan menjamu VB Sport di pertandingan terakhir.

Di pertemuan sebelumnya, Song Lam Nghe An mampu menundukkan VB Sport meskipun bermain di kandangnya. Sementara itu, gol pertama tuan rumah terjadi akibat kesalahan pemain belakang SFC yang melakukan pelanggaran di depan kotak pinalty di menit 10,kesempatan itu tidak disiasiakan oleh Qasim Shamweel yang menjadi algojo dan membuat publik tuan rumah bersorak setelah tendangan bebasnya tak mampu diantisipasi kiper Ferry Rotinsulu.

Sementara gol kedua dicetak Adam Lareef menit 81 setelah memanfaatkan kesalahan kiper Ferry Rotinsulu saat dirinya berusaha memberikan bola kepada pemain belakang, namun akibat lambannya laju bola membuat Adam berhasil mencurinya serta dengan mudah untuk kedua kalinya menembus gawang yang sudah dalam keadaan kosong.

Ponaryo Astaman dkk sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan, namum lemahnya dalam penyelesaian akhir dan kuatnya pertahanan yang digalang para pemain VB Sport membuat duet striket gaek SFC Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs dan Budi Sudarsono tidak mampu mengkorversi banyaknya peluang yang diperoleh menjadi sebuah gol.

Sebaliknya, VB Sport yang bermain lebih bertahan dan menumpuk pemainnya di kotak pinaltyuntukmenghalausetiap serangan yang dilancarkan oleh para pemain SFC berhasil mematahkan setiap peluang yang dimiliki Laskar Wong Kito serta berusaha melakukan serangan melalui counter attack. Usai pertandingan, pelatih Ivan Venkov Kolev mengatakan jika para pemainnya tidak beruntung, karena sejak dimulainya laga anak asuhnya terus menekan dan mendomonasi jalannya pertandingan.

Tetapi akibat lemahnya penyelesaian akhir membuat tak satu pun gol yang berhasil dicetak meskipun terus menerus membombardir gawang VB Sport. Sementara untuk gol kedua, Kolev mengakui jika itu terjadi akibat kelalaian Ferry yang hendak memberikan bola kepada pemain belakang tetapi tidak melihat posisi striker lawan yang berada tidak jauh dari posisi bola dilemparkan,sehingga bola berhasil dicuri dan mudah dilesakkan kegawang SFC yang sudah kosong.

“Kita mendominasi jalannya pertandingan sejak awal, tetapi memang kali ini kita kurang beruntung sehingga meskipun terus menyerang tetapi tak satu gol pun yang tercipta. Sebaliknya, pemain lawan bisa memanfaatkan dengan baik kesempatan melalui tendangan bebas dan blunder yang dilakukan oleh Ferry,”ungkapnya kecewa. Namun Kolev optimistis timnya dapat melaju ke babak 16 besar,apalagi pertandingan terakhir akan dilaksanakan di kandang.

Apalagi dipertandingan lainnya TSW Pegasus gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan tumah dan malah kalah atas Song Lan Nghe An. “Kekalahan Pegasus membuka peluang kita untuk berada di posisi runner up dan itu sudah cukup untuk membuat kita lolos ke 16 besar. Untuk itu kita akan bermain habis-habisan di pertandingan terakhir melawan Pegasus nanti untuk meraih tiga poin, karena jika sampai imbang atau kalah maka kita akan tersingkir,”ujarnya.

Sedangkan pelatih VB Sport Bahtiar Can Vahli mengaku bangga dengan kerja keras yang ditunjukkan para pemainnya sehingga meraih kemenangan atas SFC.Dia mengakui jika kemenangan ini tidak merubah posisi timnnya sebagai juru kunci, tetapi setidaknya dapat menghalau laju SFC. “Kemenangan ini memang tidak merubah posisi kita, tetapi hasil ini tetap merupakan sebuah pencapaian yang baik.

Apalagi sepanjang pertandingan SFC mendominasi permainan. Dan dua gol yang tercipta juga berkat kejelian pemain dalam memanfaatkan kesempatan yang ada dan memanfatkan kelengahan pemain SFC,”jelasnya.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments