Ajang Pembuktian Wong Kito

Sriwijaya FC (SFC) wajib memenangkan laga penuh gengsi bertajuk Derby Andalas saat menghadapi PSPS Pekanbaru dalam lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sore ini.

FC Sriwijaya


Tambahan tiga angka sangat penting untuk diraih jika Laskar Wong Kito tidak ingin kehilangan peluang menembus tiga besar di klasemen akhir kompetisi dan meraih kesempatan untuk kembali berlaga di ajang Piala AFC musim depan. Kemenangan ini juga sangat diperlukan untuk memperlebar jarakdiantarakeduatimyangsaat ini hanya terpaut dua poin.PSPS saat ini berada di posisi tujuh dengan raihan 33 poin sangat rentan menggeser SFC di posisi enam dengan jumlah poin 35.

Meskipun kemenangan tidak akan mengubah kedudukan Ponaryo Astaman dkk di klasmen sementara karena Persisam Samarinda bertengger di posisi lima memiliki poin 39 atau selisih empat angka dari SFC, hasil positif tersebut sangat dibutuhkan untuk mendongkrak semangat para pemain untuk melakon idualagaselanjutnya di kandang Persiba (Minggu, 5/6) dan Persijap (Sabtu,11/6) nanti.

Sayangnya kekuatan pertahanan SFC dipastikan bakal berkurang setelah tidak dapat diperkuat oleh duapilarutamadi lini belakang,seperti bek elegan Claudiano Alves Dos Santos dan wing bek Muhammad Ridwan yang terkena akumulasi kartu kuning. Sebagai gantinya, pelatih Ivan Venkov Kolev kemungkinan besar akan menempatkan Ahmad Jupriyanto dan Bobby Satria untuk mendampingi Thierry Gathuessi dan Supardi dibenteng terakhir sebelum berhadapan langsung dengankiperFerry Rotinsulu.

Situasi hampir sama dialami PSPS, tim asuhan Abdulrahman Gurning ini tidak bisa memainkan dua bek tangguh DediGusmawan dan Daniel Junaidi yang jugaterkenahukuman akumulasi kartu kuning. D e n g a n kondisi ini,kedua pelatih harus dapat memanfaatkan kelemahantersebutuntukbisamencetak gol dan meraih kemenangan. Dalam sejarah pertemuan kedua tim sebanyak enam kali di berbagai ajang, SFC berhasil memenangkan pertandingan sebanyak 3 kali,sedangkan PSPS Pekanbaru menang 2 kali dan satu kali imbang.

Dilihat dari produktivitas gol, SFC memiliki dua penyerang tangguh, seperti Budi Sudarsono yang saat ini menjadi top scorer dengan mengemas 10 gol, sementara tandemnya, Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs, dengan 8 gol Di kubu PSPS Pekanbaru, hanya Herman Dzumafo Epandi yang menjadi tumpuan ketajaman di linidepandengan koleksi11gol. Di pertemuan pertama sebelumnya di stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru, SFC berhasil memenangkan laga dengan skor tipis 1-0.

Berkaca pada hasil tersebut, tim berjuluk Askar Betuah ini diperkirakan bakal kesulitan mencuri poin.Apalagi dari 11 kali menggelar pertandingan kandang, armada Ivan Kolev selalu menorehkan catatan positif dengan tidak pernah mengalami kekalahan, 3 kali imbang dan 8 kali membukukan kemenangan.Sementara PSPS Pekanbaru yang telah menjalani laga away sebanyak 10 kali,hanya berhadil membukukan kemenangan sebanyak 3 kali dan sisanya 7 kali mereka selalu mengalami kekalahan.

”Meskipun waktu efektif untuk pemain melakukan recovery dan mempersiapkan strategi hanya dua hari,saya tetap optimis kita bisa mengatasi perlawanan PSPS dan meraih kemenangan. Absennya lima pemain akibat akumulasi kartu kuning dan cidera saya rasa tidak memengaruhi kondisi tim secara keseluruhan, karena kita masih memiliki stok pemain lain yang memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan pemain inti,”ungkap Kolev.

Sementara itu, meski kondisi SFC sedikit pincang tidak serta-merta membuat pelatih PSPS Pekanbaru Abdurahman Gurning tenang.Dia tak berani menganggap remeh lawan karena mengetahui bagaimana mental dan permainan SFC. Belum lagi dukungan semangat para suporter yang hadir di stadion bakal menambah semangat Laskar Wong Kito untuk mempersembahkan kemenangan.

“Para pemain kami memang sedang dalam motivasi tinggi setelah di pertandingan sebelumnya berhasil mengalahkan Pelita Jaya 1-0. Tetapi, SFC tetaplah SFC yang merupakan tim besar dan tangguh serta bermaterikan pemain yang memiliki kualitas merata. Di pertandingan tandang saja mereka bisa meraih kemenangan, apalagi jika bermain di depan pendukung sendiri,” kata mantan pelatih PS Palembang ini.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments