Asa Tandang Terakhir

Sriwijaya FC dan Persijap Jepara bakal sama-sama menjalani laga pamungkas. Bagi Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC) bentrok di Stadion Bumi Kartini, pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL), malam ini (11/6) merupakan laga away terakhir sesudah itu akan lakoni laga home yakni jamu Persela dan Deltras. Sedangkan bagi Persijap sendiri merupakan laga pamungkas di kandang.

FC Sriwijaya


Kedua tim bakal saling jegal. Mengingat, keduanya ingin memberikan hasil positif. Bagi Sriwijaya misi menang diusung agar bisa mengamankan target tiga besar. Sedangkan bagi Persijap, ingin memberikan hasil manis di hadapan publiknya sendiri.

Ya, Laskar Sriwijaya sendiri tinggal menyisakan tiga laga lagi. Yakni, satu away lawan Persijap dan dua home lawan Deltras (16/6) serta Persela Lamongan (19/6). Otomatis, di laga pamungkas tandang ini, Sriwijaya bakal mati-matian.

“Setiap game kami ingin selalu menang. Sebab, itu mempengaruhi mental pemain. Terlebih ini merupakan away terakhir bagi kami. Jadi, kami tidak akan menyia-nyiakannya,” ucap pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev.

Tapi, misi sulit bakal dijalani Laskar Wong Kito. Tim double winner 2007 itu bakal kehilangan sedikitnya tujuh pemain terbaik. Seperti, lini depan bakal kehilangan Keith Kayamba Gumbs (akumulasi), Oktovianus Maniani (sakit). Kemudian Arif Suyono yang masih mengalami cedera lutut dan Jajang Mulyana yang baru saja mengalami kecelakaan.

Sedangkan sektor tengah, Sriwijaya bakal kehilangan Firman Utina dan Mahadirga Maranando Lasut. Serta lini belakang bakal ditinggal Achmad Jufriyanto yang masih dibekap cedera. “Kami akan memaksimalkan pemain yang ada. seperti depan masih ada Budi Sudarsono, Korinus dan Rudi Widodo. Tengah juga masih ada Ponaryo, Lim, Kim dan beberapa pemain lainnya,” lanjut mantan arsitek Timnas Indonesia itu.

Apakah Kolev bakal mengubah strategi biasanya dengan absenya tujuh pilarnya? Tactician asal Sofia Bulgaria itu belum berani memberikan garansi. Pasalnya, dirinya masih akan melihat kondisi terakhir anak asuhnya.

Maklum, beberapa nama yang diplot untuk menggantikan pemain yang absen, rata-rata baru bergabung bersama tim. Macam, Korinus Fringkeuw, Rudi Widodo, dan Kim Yong Hee sebelumnya ditinggal di Palembang saat jalani tur Kalimantan (5/6) lalu.

“Kalau perubahan pasti ada, meski tidak keseluruhan. Sebab, pemain yang akan diturunkan berbeda. Tim yang akan dihadapi juga berbeda. Tapi, pola apa yang akan kami mainkan itu nanti,” imbuh mantan arsitek Persija Jakarta itu.

Yang pasti, kata Kolev, kondisi mental anak asuhnya sudah maksimal. Target menang diusung demi memperbaiki peringkat yang saat ini masih bercokol di peringkat ke-5 dengan torehan 41 poin dari 25 laga.

“Semua pemain semunya sudah siap tempur. Mudah-mudahan kami bisa menjalani pertandingan nanti dengan baik. Sehingga, mampu memetik kemenangan sekaligus memperbaiki peringkat,” tambah mantan arsitek Persipura Jaya Pura itu.

Sementara, bagi Persijap, kemenangan menjadi harga mati. Sebab, selain mempersembahkan hasil manis kepada publiknya sendiri, target tiga poin juga diusung untuk memperbaiki peringkatnya yang masih bercokol di posisi 14 dengan koleksi 26 dari 26 laga.

Otomatis, bila ingin naik peringkat, Persijap harus memaksimalkan laga home terakhir. Sebab, satu laga lagi bakal dijalani Laskar Kalinyamat (julukan Persijap) di kandang lawan Persiba Balikpapan, (19/6) nanti.

Hilangnya dua pemain terbaiknya, Catur Lintang (akumulasi) dan Bona Simanjuntak lantaran cedera lutut tak menghalangi asa coach Suimin Diharja. Toh, mantan pelatih Persikabo Bogor itu masih mempunyai beberapa pengganti.

Seperti, posisi Catur Lintang sendiri bisa diisi Kasiadi atau Anam Syahrul. Kemudian, posisi Bona Simanjuntak bisa digantikan oleh Enjang Rohiman, Anggo Yulian, atau Danan Puspito.

“Kami akan mengubah pola permainan. Kemungkinan pola 3-4-3 bakal kami pakai. Ini lantaran absenya beberapa pemain. Yang pasti, kami bakal bermain maksimal dan siap memetik kemenangan di pertandingan terakhir kandang ini,” ucap pelatih Persijap Jepara, Suimin Diharja. (mg43)


Lima laga terakhir kedua tim
Persijap
Persijap v Persela ( 0-2 ISL (10/4/11)
Persisam v Persijap 1-1 ISL (17/4/11)
Bontang FC v Persijap 1-1 ISL (23/4/11)
Persijap v Persib 1-1 ISL (07/05/11)
Persijap v Arema 2-3 ISL (8/6/11)

Sriwijaya FC
Sriwijaya FC v TSW Pegasus 3-2 AFC Cup (11/5/11)
Chonburi FC v Sriwijaya FC 3-0 AFC Cup (25/5/11)
Sriwijaya FC v Persija 3-3 ISL (29/5/11)
Sriwijaya FC v PSPS 2-1 ISL (1/6/11)
Persiba v Sriwijaya FC 0-1 ISL (/6/11)

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments