Kejar Empat Besar

Sriwijaya FC tinggal menyisakan satu laga lagi di Indonesia Super League (ISL). Yakni, menjamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, besok (19/6). Nah, pada laga pamungkas itu, kemenangan menjadi harga mati bagi Laskar Wong Kito (julukan Sriwijaya FC). Pasalnya, itu dilakukan sebagai persembahan skuadra Ivan Kolev terhadap suporter dan masyarakat Sumsel.
FC Sriwijaya


“Target pasti menang. Kami ingin memberikan hasil terbaik pada laga terakhir. Kami akan fokus dan kerja keras demi mendapatkan kemenangan,” kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Venkov Kolev.

Target tiga poin itu diusung juga demi memenuhi ambisi tim double winner 2007 itu finis di peringkat empat. Saat ini, Laskar Sriwijaya masih bercokol di peringkat lima dengan koleksi 45 poin. Terpaut dua angka dari peringkat empat, Semen Padang yang telah memetik 47 poin dari 27 laga yang dijalani.

Asa kudeta bigfour sebenarnya terbuka lebar bagi Keith Kayamba Gumbs dkk. Mengingat, rival terberatnya, Semen Padang akan bermain di kandang juara ISL musim ini, Persipura Jaya Pura. Otomatis, untuk memetik poin sangat susah dilakukan Kabau Sirah (julukan Semen Padang).

Sebab, Persipura bakal mati-matian demi menyempurnakan kesuksesannya yang berbarengan dengan penasbihan juara musim ini. “Yang pasti kami berharap bisa lolos empat besar,” lanjut mantan arsitek Timnas Indonesia itu.

Selain itu, target menang diusung juga sebagai misi balas dendam bagi Laskar Sriwijaya. Pada leg pertama, (2/10/10) lalu, skuadra Ivan Kolev harus takluk 0-1 di kandang Laskar Joko Tingkir (julukan Persela).

Kans Sriwijaya sendiri untuk memetik kemenangan terbuka lebar. Pasalnya, kondisi mental pemain Sriwijaya sedang bagus-bagusnya. Ya, tim double winner pra-musim ini sukses menjalani tiga laga terakhir dengan apik.

Yakni, mampu memetik dua laga tandang. Setelah menggilas Persiba (5/6) dengan skor 1-0. Kemudian dilanjutkan bermain imbang 1-1 di Persijap Jepara (11/6). Terakhir, tim yang di-takeover dari Persijatim Solo itu sukses membungkam 1-0 Deltras Sidoarjo, (16/6).

Berbeda dengan Persela Lamongan yang hanya mampu koleksi satu kali menang, setelah tumbangkan PSPS dengan skor 3-1 (12/6). Kemudian, satu kali seri saat ditahan 1-1 oleh Persija (9/6). Terakhir harus tumbang 1-2 dari Persib (16/6).

Selain itu, Sriwijaya juga diuntungkan dengan dukungan suporter fanatik. Praktis, hal itu bakal menjadi spirit ganda bagi Ponaryo Astaman dkk. Terlebih pertandingan nanti merupakan laga pamungkas. Sudah dipastikan Laskar Sriwijaya tak mau tampil memble di hadapan pendukungnya.

Tapi, Sriwijaya sendiri tak boleh jumawa. Apalagi, masih segudang permasalahn yang harus segera dituntaskan tim juara Piala Indonesia tiga kali itu. Macam, buruknya finishing touch dan beberapa kendala lainnya.

Ancaman lain adalah soal kebangkitan Laskar Joko Tingkir. Pascatumbang 1-2 dari Persib (16/6) lalu, otomatis, skuadra Subangkit bakal bermain mati-matian. Mereka pasti tak mau kembali menerima pil pahit kali keduanya. Terlebih laga ini merupakan laga pamungkas.

Sementara, kubu Persela Lamongan sendiri, kemarin (17/6) sudah tiba di Palembang. Dengan membawa 18 pemain. Meski dinilai minim recovery, Charis Yulianto dkk tetap berambisi memetik poin di Stadion Gelora Sriwijaya nanti.

“Soal recovery saya rasa sama saja. Kami sama-sama bertanding kemarin (16/6). Dan itu tak terlalu menjadi masalah. Dan curi poin tetap menjadi target kami,” ungkap pelatih Persela, Subangkit, di Hotel Sandjaja, kemarin (17/6).

Target curi poin sendiri diusung Persela guna memperbaiki poin yang didapatnya saat ini. Yakni di peringkat ke-7 dengan 36 poin. “Kami realistis saja dan bermain lepas. Sebab, tidak ada target lagi yang kami buru. Paling perbaiki poin saja. Sebab, mau mengejar juara atau papan atas sudah tidak mungkin. Terhindar dari degradasi juga sudah jauh. Jadi, bermain normal saja,” pungkasnya. (mg43)

Head to Head
2 Oktober 2010: Persela v Sriwijaya FCL 1-0 (ISL)
10 April 2010: Persela v Sriwijaya FC: 3-1 (ISL)
9 Desember 2009: Sriwijaya FC v Persela: 2-1 (ISL)
14 Mei 2009: Persela v Sriwijaya FC: 0-0 (ISL)
5 Agustus 2008: Sriwijaya FC v Persela: 2-1 (ISL)

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments