Sriwijaya FC Maksimalkan Firman Lobi Pemain Incaran

Gerak cepat dilakukan Sriwijaya FC (SFC).Musim 2010/2011 baru berakhir,manajemen klub berjuluk Laskar Wong Kito langsung tebar jala untuk memburu pemain.

FC Sriwijaya


Langkah serius manajemen SFC ini pun diikuti trik dan cara jitu mereka untuk dapat mengikat pemain buruan lebih cepat.Salah satu caranya adalah pemberian tugas khusus kepada Firman Utina. Playmaker SFC yang juga kapten timnas Indonesia ini diberi tugas melakukan pembicaraan awal dengan dua rekannya di skuad Merah Putih.

Dua pemain yang didekati SFC via Firman ini adalah Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales.Irfan musim ini membela Persema Malang di Liga Primer Indonesia (LPI), sedangkan Gonzales berkostum Persib Bandung. Firman dipilih untuk melobi keduanya lantaran pemain kelahiran Manado ini dinilai memiliki kedekatan emosional.

Khusus Irfan,PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) selaku pengelola SFC sebenarnya mengincar pemain Indo Belanda ini sejak pertengahan musim 2010/2011. Namun,Irfan dan Gonzales sama-sama mengaku belum bertarik pindah ke Palembang ketika itu.Kini seiring dengan berakhirnya Indonesia Super League (ISL) plus LPI yang sedang jeda,SFC memilih bergerak cepat agar pemain incarannya itu tidak lepas.

Direktur Teknik dan SDM PT SOM Hendri Zainuddin mengatakan,kehadiran kedua pemain tersebut sangat dibutuhkan oleh SFC musim depan.Semua terkait persoalan lini depan Laskar Wong Kito yang musim ini tak memiliki juru gedor dengan tipe pembunuh di kotak 16. ’’Selama ini kami hanya memiliki satu orang petarung di lini depan,yakni Keith Kayamba (Gumbs).

Akibatnya, ketergantungan tersebut berbuah hasil tak maksimal.Saat Kayamba sedang berada di bawah performa terbaiknya,SFC pun kesulitan untuk menyelesaikan setiap peluang yang tercipta,’’ kata Hendri. Hendri optimistis,kedatangan duo pemain incarannya itu membuat kinerja lini depan klubnya makin menakutkan.

Kualitas Irfan dan Gonzales yang di atas rata-rata menjadi jaminan bagi SFC. ’’Jika bisa mendatangkan Irfan dan Gonzales,saya yakin SFC musim depan akan makin menakutkan.Saya rasa siapa pun tidak akan meragukan kemampuan mereka, terutama Gonzales,’’ lanjutnya.

Firman membenarkan kalau dia diminta bantuan oleh manajemen SFC untuk melakukan pendekatan kepada kedua penyerang timnas.Namun,eks punggawa Persija Jakarta ini enggan secara detail menjelaskan seperti apa cara yang akan dipakainya untuk membujuk dua nama itu. ’’Saya berterima kasih telah diberikan kepercayaan dari manajemen.

Tapi,saya tidak berjanji apa-apa karena semua masih tergantung kepada mereka,”tutur Firman, yang musim ini lebih banyak absen akibat cedera dan sakit yang mengharuskannya tak bisa membela SFC. Tugas bagi Firman ini pun menunjukkan kalau pemain ini bakal dipertahankan SFC musim depan.

Pemain yang juga pernah berkostum Arema Malang dan Persita Tangerang ini juga tak dipersoalkan soal lamanya dia absen musim ini. Untuk perkembangan terbaru dari calon pelatih SFC musim depan,manajemen Laskar Wong Kito akhirnya buka suara.Agen pemain dr Mustika Ratna dari Champions Star Sport And Management menawarkan seorang pelatih asal Kroasia.

Pelatih yang ditawarkan kepada SFC adalah Drago Mamic.Sekretaris PT SOM Faisal Mursyid mengungkapkan,Mamic adalah pelatih asing yang belum pernah berkarier di Indonesia. ”Kami terus membuka kesempatan kepada siapa pun yang ingin mengajukan diri menjadi calon pelatih SFC,baik secara perseorangan maupun melalui agen pemain dan pelatih.

Semakin banyak calon maka kami akan memiliki banyak pilihan,” ungkapnya. Mamic terakhir membesut Churchill Brothers SC musim lalu.Klub ini bermain di Divisi I Liga India.Sebelumnya pada musim 2007/2008,dia pernah membesut klub asal Malaysia Sabah FA. Sementara itu,belum adanya keputusan resmi mengenai pergantian posisi pelatih SFC membuat posisi Ivan Venkov Kolev sekarang relatif aman.

”Sulit untuk membentuk sebuah tim dengan waktu yang singkat.Tapi,saya yakin jika diberikan waktu satu musim lagi bersama SFC,klub ini bisa meraih juara ISL,”tandas Kolev,seusai laga terakhir musim ini menghadapi Persela Lamongan.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments