• DUA SKEMA TIMNAS

    Tim nasional (timnas) Indonesia menuju leg pertama Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 mulai keluar dari persoalan terkait mepetnya persiapan. Sebab, skema main untuk pasukan Merah Putih sudah dikantongi tim pelatih.

    FC Sriwijaya


    Asisten Pelatih Timnas Rahmad ’RD’ Darmawan yang bertugas lebih banyak dalam urusan teknik bermain skuad Merah Putih sudah menemukan skema yang kemungkinan akan dipakai Indonesia.Ada dua pola strategi yang akan dikedepankan timnas saat dijamu Turkmenistan pada Sabtu (23/7).

    Pertama,pilihan formasi utama dengan memakai skema 4-3-3.Pola ini akan dikombinasikan dengan pilihan kedua, yaitu skema 4-2-3-1.Formasi ini dirasa paling ideal karena timnas minim pengetahuan kekuatan lawan.Sebagai tim tamu,timnas pun dengan dua skema ini bisa menerapkan permainan sedikit bertahan.

    ’’Head coachpunya strategi andalan 4-4- 3.Dan,itu formasi yang paling dia sukai. Tapi dalam laga nanti,kami akan mengombinasikan formasi tersebut.Kami akan melakukan variasi dengan menempatkan dua gelandang bertahan. Jadi,kemungkinan juga bisa memakai skema 4-2-3-1,’’ kata RD,kemarin.

    RD pada persiapan timnas sekarang diberi tugas khusus Wilhelmus ’Wim’ Gerardus Rijsbergen mengolah teknik. Penyebabnya,Wim baru gabung timnas dan mengakui belum mengenal secara merata kemampuan punggawa skuad Merah Putih.

    Soal komposisi starter,bayangan pemain yang mengisi skema inti timnas sebenarnya mulai terlihat pada latihan kemarin sore.Beberapa pemain inti dan pilar cadangan diadu dalam pola permainan yang sama.

    ”Fokus hari ini (kemarin) lebih kepada pemantapan strategi.Saya membagi dua tim dan dua-duanya bermain dengan pola yang sama.Mereka harus tahu cara bermain,baik saat menguasai maupun kehilangan bola,”ujar pelatih yang masih terikat kontrak dengan Persija Jakarta ini.

    Pada persiapan timnas yang cukup mepet ini,sejumlah gangguan terkait cedera pemain juga menyertai skuad Merah Putih. Kondisi lapangan timnas di Senayan,Jakarta,yang kurang bagus menjadi salah satu penyebab cedera pemain. Para punggawa timnas mengeluh karena mengalami lecet di bagian jari.

    Setelah sebelumnya Irfan Bachdim menjadi korban lapangan yang kurang bagus,kemarin ada juga beberapa pemain mengalami hal yang sama.”Kondisi lapangan yang keras membuat pemain rentan akan cedera.Ada beberapa pemain yang mengalami lecet pada bagian jarinya,”ungkap RD.

    Untuk komposisi 18 pemain yang akan terbang ke Asghabat, ibu kota Turkmenistan, besok,juga sudah dikantongi tim pelatih.Dalam waktu singkat,Wim yang dibantu RD kerja keras dalam mempersiapkan tim,terutama penentuan komposisi pemain.

    ”Untuk 18 nama yang akan dibawa ke Turkmenistan,kami akan konsultasikan dengan Head Coach (Wim).Untuk gambaran tim seperti apa,saya rasa sudah kami temukan. Mungkin sekarang tinggal melengkapi beberapa posisi pemain yang akan dibawa,”lanjutnya.

    Pengumuman resmi 18 nama yang akan dibawa akan diumumkan hari ini.Soal dibawa atau tidaknya Boaz Salossa juga masih tanda tanya.Top skor sekaligus pemain terbaik Djarum Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 baru gabung timnas di latihan pagi ini.

    ”Saya belum bisa menentukan nasib Boaz sekarang.Sebab, kami baru akan memutuskannya nanti dengan head coach,”tandas RD.



  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com