• Posisi Klub LPI Menuai Protes Klub Divisi 2

    Komite Normalisasi (KN) telah melakukan tiga pertemuan dengan Penyelenggara LPI untuk membahas proses afiliasi LPI masuk ke dalam PSSI. Ini merupakan lanjutan dari opsi FIFA yang dipilih oleh KN dalam mengontrol kompetisi LPI yang dianggap ilegal oleh FIFA. Keputusan KN ini selaras dengan keinginan penyelenggara LPI yang hendak melebur dengan kompetisi Liga Super Indonesia.
    FC Sriwijaya


    Namun, Sekretaris Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI), Syauqie Soeratno mengungkapkan keinginan klub-klub LPI melebur ke dalam LSI perlu dibicarakan terlebih dahulu dengan ratusan klub yang saat ini berlaga di dalam kompetisi nasional PSSI.

    "Ini jadi pekerjaan rumah untuk kita bagaimana menjelaskan kepada sekitar 200 klub sepakbola yang ada," ujar Syauqie dalam Sarasehan Sepakbola dengan tema "Selamatkan Sepakbola Indonesia Dari Sanksi FIFA" di Senayan, Senin, 4 Juli 2011.

    Syauqie tidak memungkiri, jika keinginan klub-klub LPI melebur ke dalam LSI mendapat penolakan dari sejumlah klub-klub amatir di divisi bawah. Karena dinilai dapat merusak struktur jenjang kompetisi yang telah berjalan selama ini. Dan juga tidak memenuhi rasa keadilan bagi klub yang berjuang dari divisi bawah.

    "Salah satu klub amatir Divisi 2 pernah berbicara kepada saya jika dia tidak terima kalau ada klub baru langsung berlaga di Divisi 2. Sedangkan dia untuk naik ke Divisi 2 dari Divisi 3 melalui kompetisi yang ketat," ujar Syauqie.

    "Langsung masuk ke dalam Divisi 2 saja ditolak, apalagi jika langsung masuk ke dalam Liga Super Indonesia?" lanjut Syauqie. Oleh karenanya, Syauqie berharap perlu dikaji mekanisme masuknya klub LPI ke dalam kompetisi LSI.

    Menurutnya, salah satu solusi untuk mengakomodir keinginan klub LPI bergabung ke dalam kompetisi di bawah naungan PSSI adalah melalui pengambilalihan kepemilikan sebuah klub amatir. "Dari puluhan klub yang berlaga di Divisi 2, Sedikitnya 13 klub kesulitan dana, dan itu bisa diambil alih. BLAI memungkinkan mekanisme pengambilan atau perpindahan kepemilikan tersebut. Dan BLAI siap menerima kawan-kawan yang mau bergabung," ujar Syauqie.

    Sebelumnya, Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigor Shalom Boboy mengungkapkan ada dua kendala utama yang membuat klub-klub LPI sulit langsung melebur ke dalam kompetisi LSI. Yaitu terkait sistem kompetisi berjenjang PSSI yang telah berjalan dan status pemain asing yang tidak mengantongi ITC (International Transfer Certificate).

  • Klasmen Sriwijaya FC

    Klasmen Go-Jek Traveloka Liga 1 2017/2018.

    Alamat

    Palembang, Sumatra Selatan

    EMAIL

    atobelitang@gmail.com